Seputar Info

Set Top Box: Alat untuk Nonton Siaran TV Digital di TV Analog

set-top-box

Sejak pemerintah melakukan Analog Switch Off (ASO) pada bulan November 2022 lalu, alat set top box (STB) semakin banyak dicari orang-orang agar TV analog mereka dapat menyiarkan siaran TV digital. Dengan begini, tidak perlu lagi membeli TV baru.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan set top box gratis bagi masyarakat yang kurang mampu agar mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli STB.

Memang, dengan semakin majunya perkembangan teknologi, semakin banyak hal yang didigitalisasi untuk mempermudah kehidupan.

Nah, apakah sebetulnya set top box itu? Bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Apa Itu Set Top Box (STB)?

Set top box adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menerima sinyal digital, menerjemahkannya, dan menampilkannya di televisi. Sinyal televisi atau data internet tersebut diterima melalui kabel ataupun sambungan telepon.

Sederhananya, STB adalah alat yang mengubah sinyal TV digital menjadi analog agar dapat dilihat oleh di pesawat televisi konvensional.

STB juga sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2), yang merupakan standar TV digital di Indonesia. Dengan ini, kamu tidak lagi memerlukan parabola khusus untuk menerima sinyal digital. Cukup dengan antena UHF-VHF saja.

Manfaat Set Top Box

1.  Menyiarkan siaran TV digital dengan kualitas gambar yang jernih, tajam, dan tanpa gangguan.

2.  Merekam siaran televisi yang sedang berlangsung ke dalam flash disk.

3.  Menjadi media player untuk memutar beragam file seperti foto, musik, video, atau film dalam berbagai format (MP4, AVI, MKV, FLV, dan lainnya).

Perbedaan TV Digital dan TV Analog

Mengapa kita perlu beralih dari TV analog ke TV digital? Sebelum menjawabnya, maka kamu perlu mengetahui dulu sekilas tentang TV analog dan TV digital.

Perlu diketahui, siaran dari televisi digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang mampu menghadirkan gambar dengan kualitas yang lebih tajam dan bersih. Selain gambar, suara yang dihasilkan juga lebih jelas dan jernih.

Saat menyiarkan sinyal, TV digital hanya mengenal 2 status, yakni terima (1) atau tidak (0). Jika perangkat penerima  siaran bisa menangkap sinyal digital, maka gambar dan suara dapat dinikmati.

Di lain sisi, TV analog lebih bergantung pada frekuensi sinyal yang dikeluarkan pemancar. Semakin jauh posisi antena  dari lokasi pemancar, maka semakin buruk gambar yang ditampilkan.

Ini karena lemahnya sinyal pemancar yang ditangkap oleh antena. Ditambah lagi, kondisi cuaca juga turut  memengaruhi penangkapan sinyal TV, sehingga bisa mengakibatkan kualitas gambar dan suara menjadi buruk.

Tips memilih STB

Saat ini, set top box sudah banyak tersedia di pasaran, baik online maupun offline. STB yang ditawarkan juga cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Nah, sebelum membeli STB, pastikan kamu mengikuti tips-tips di bawah ini.

1. Cari yang sudah memiliki sertifikat dari Kominfo

Tips memilih STB yang pertama adalah carilah set top box yang sudah memiliki sertifikat dari Kominfo. Mengapa? Karena sertifikat ini diklaim sebagai upaya perlindungan pemerintah terhadap masyarakat.

Sertifikat dari Kominfo ini juga berguna untuk memberi jaminan bahwa STB bisa digunakan dan seluruh fitur siaran digital dapat berfungsi dengan optimal.

2. Cari tanda khusus

Direktur Penyiaran Direktorat Jenderal PPI Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia mengatakan, saat memilih STB, carilah yang memiliki tulisan ‘DVB-T2’ pada kemasannya, atau yang memiliki tulisan ‘Siap Digital’.

Selain itu, jangan lupa cek juga apakah pada kemasan terdapat tambahan gambar MODI. Menurutnya, jika sudah ada  tulisan dan gambar tersebut, maka STB bisa dipastikan aman.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Setiap merek set top box memiliki kisaran harga sesuai keunggulan dan fitur yang dimiliki. Sebaiknya, carilah STB yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhanmu.

4. Cek review

Jangan lupa juga untuk cek review dan cari tahu model yang ditaksir. Langkah ini dapat membantumu untuk lebih memahami kelebihan dan kekurangan STB tersebut.

Daftar Merek STB Resmi

Untuk memudahkanmu dalam menentukan STB mana yang akan kamu beli, berikut adalah daftar STB resmi.

  1. Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  2. Polytron PDV600T2
  3. Ichiko 8000HD
  4. Akari ADS-2230
  5. Akari ADS-210
  6. Akari ADS-168
  7. Venus Brio
  8. Tanaka T2
  9. Matrix Apple
  10. Evercoss STB1
  11. Nextron NT2000-D
  12. Nextron TR 1000
  13. Evinix H-1
  14. Evercoss STB Max
  15. Evercoss STB Pro
  16. Evercoss STB Mini
  17. Matrix CH-77
  18. Akari ADS-525
  19. Tanaka T2 Jurassic
  20. Tanaka T2 New
  21. Freebox H-1
  22. Visio HS1685
  23. Kubik Kubik Arka DVB-T2
  24. Super HD HD168
  25. Advan DVB-10KK
  26. Tanaka T-21 Spider
  27. Tanaka T-21 New Samurai
  28. Tanaka T-21 Elang
  29. Tanaka T-21 New Sakura
  30. Tanaka Nusantara
  31. CBM SEI130LN
  32. Crenova S-1807
  33. CBM DTP2162
  34. Matrix Apple DVB-T2 Silver
  35. Tennox HD-900
  36. Winasat HD-88N
  37. Venus Cabai Rawit
  38. CBM CBM 91T
  39. CBM CBM91TH
  40. Aldo AB3
  41. Aldo STB 03
  42. Unicom Apollo
  43. Varwin T1
  44. Welhome Crown
  45. Luby Digitant
  46. Noise Diamond
  47. Matrix Garuda DVB-T2
  48. Modibox PD-101
  49. Nextron Vicson 2000
  50. CBM BSTB-2201
  51. SuperHD HD 168 GOL
  52. Sharp STB-DD001I
  53. Maxtrix Apple DVB-T2 Kuning
  54. Next TV G-1
  55. Vitara VTR-218T2
  56. IOTO Omega
  57. Zyrex Zbox

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait