Investor Pro

Sudah Tersedia di Ajaib Kripto, Apa Itu Astar (ASTR)?

astar-astr

Salah satu permasalahan terbesar dalam dunia blockchain adalah bagaimana menerapkan skalabilitas dan interoperabilitas di dalamnya. Salah satu proyek yang menawarkan solusi dari permasalahan tersebu adalah Astar (ASTR). Astar hadir untuk merevolusi penggunaan DApps dan smart contract.

Astar (ASTR) hadir tidak hanya mengatasi permasalahan skalabilitas dan interoperabilitas, namun mendukung setiap pengembang agar bisa menciptakan DApps yang canggih, efisien, serta mudah diakses oleh siapa pun.

Lalu, bagaimana peran Astar (ASTR) dalam mewujudkan solusi yang ditawarkan tersebut? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Astar (ASTR)?

Pada dasarnya, Astar Network merupakan proyek blockchain berbasis Polkadot untuk pengembangan dan implementasi aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan smart contract dalam ekosistem Web3. Proyek blockchain ini pertama kali didirikan oleh Sota Watanabe di tahun 2019 dengan tujuan bisa mengintegrasikan beragam blockchain agar menciptakan ekosistem yang terhubung dan efisien.

Dengan begitu, pengembang bisa menggunakan fitur maupun sumber daya di berbagai jaringan blockchain hanya dalam satu aplikasi terdesentralisasi. Uniknya, blockchain ini juga mendukung EVM dan WASM virtual machines. EVM sendiri merupakan mesin komputasi dalam jaringan Ethereum yang berhasil mengeksekusi jutaan proyek.

Sementara WASM virtual machine merupakan target kompilasi portabel yang menggunakan bahasa pemrograman sehingga bisa diterapkan dalam website. Tidak bisa dipungkiri bahwa peran Dapps saat ini mulai banyak digunakan khususnya bagi mereka yang membutuhkan transaksi cepat, murah, dan mudah digunakan.

Bagaimana Astar (ASTR) Bekerja?

Untuk memahami Astar (ASTR) lebih mendalam, kamu bisa mengetahui bagaimana cara kerja blockchain ini. Apalagi blockchain ini mendukung banyak bahasa pemrograman dalam smart contract sehingga bisa memfasilitasi pengembangan Dapps yang berjalan lintas blockchain. Hal ini yang membuat Astar menciptakan solusi layer-2 menggunakan Plasma serta zero knowledge rollups untuk tingkatkan efisiensi.

Adapun lapisan pertama atau dasar dibangun menggunakan kerangka kerja pada blockchain Substrate. Sementara lapisan kedua sebagai solusi scaling dirancang menggunakan Mesin Virtual Optimistik alias OVM milik Plasma Group. Modul OVM nantinya membantu pengembang dalam menyesuaikan desain skalabilitas.

Lalu, Plasma dan zk rollups memungkinkan pengembang menghubungkan lapisan aplikasi ke lapisan dasar Astar. Untuk solusi lapis dua Astar (ASTR) akan menyimpan data maupun melakukan transisi status pada lapisan dasar Astar.

Dengan perpaduan solusi layer-2 ini, maka blockchain Astar (ASTR) menghadirkan dua fitur utama, di antaranya sebagai berikut:

  • Reward untuk pengembang dan staking melalui dApp dengan hampir sebanyak 50 persen hadiah staking akan diberikan ke mereka. Selain itu, pengguna memiliki opsi dalam melakukan staking di aplikasi desentralisasi sesuai keinginan dan memperoleh hadiah.
  • Operator trading yang memungkinkan operator mendapatkan hadiah maupun penciptaan pasar off chain.

Token Asli Astar (ASTR) dan Fungsinya

Untuk mendukung ekosistem Astar (ASTR), blockchain ini memiliki token asli yaitu Astar (ASTR) dengan beberapa fungsi. Adapun sejumlah fungsi dari token ASTR, di antaranya berikut:

  • Staking DApps yang memungkinkan pemilik token ASTR untuk mengunci token mereka agar mendukung pengembangan ekosistem sekaligus mendapatkan reward. Apalagi pengembang DApps akan memperoleh reward berdasarkan staking dalam aplikasi sehingga mendorong pembuatan smart contract dan infrastruktur untuk keberlangsungan komunitas Astar.
  • Biaya transaksi dibebankan kepada pengirim yang nantinya sebagian biaya akan dibakar dalam mengontrol inflasi dan sisanya disetorkan ke collator untuk membantu proses transaksi.
  • Tata kelola on chain yang akan memberikan kesempatan bagi setiap anggota komunitas untuk ikut berpartisipasi pada pengambilan keputusan yang berdampak pada jaringan meliputi pemungutan suara alias voting dan referenda menggunakan token Astar (ASTR).
  • Network staking yang memungkinkan setiap pemilik token ASTR untuk mengunci token mereka di dalam jaringan agar bisa menjadi validator dan menghasilkan reward
  • Deposit layer 2 yang bisa dilakukan dalam 1 smart contract dan membuat aplikasi layer 2.

Sementara itu, token ASTR sendiri dibuat dengan jumlah yang tidak dibatasi, bahkan berdasarkan data Coinmarketcap token ASTR yang beredar saat ini mencapai 5,6 miliar token. Sampai saat ini, harga Astar (ASTR) sendiri berada di angka USD0,0896 dengan kapitalisasi pasar mencapai USD506 juta. Harga Astar (ASTR) ini bisa dikatakan dalam kondisi cukup positif.

Terlepas pada awal Februari 2024 lalu, token ASTR sempat bergerak naik mencapai USD0,1911. Hal ini jelas menjadi pertimbangan bagi kamu apakah akan beli Astar (ASTR) untuk aset investasi.

Beli Astar (ASTR) di Ajaib Kripto

Bagi kamu yang tertarik untuk memilih Astar (ASTR) sebagai aset investasi, maka kamu bisa langsung membelinya. Apalagi token ini sudah tersedia di aplikasi Ajaib Kripto. Kamu bisa membeli aset kripto ini secara mudah dengan menggunakan dua metode.

Adapun cara beli Astar (ASTR) di Ajaib Kripto yang pertama bisa menggunakan metode Market Order dengan langkah berikut:

  • Masuk ke aplikasi Ajaib Kripto.
  • Pilih laman Cari dan lanjut ke Aset Kripto yang diinginkan yaitu ASTR.
  • Pilih Market Order untuk membelinya secara instan mengikuti harga pasar terkini.
  • Lalu, masukkan jumlah nominal saldo yang ada di dana kripto di kolom Subtotal.
  • Pastikan juga pesanan aset kripto yang dibeli sudah benar sebelum klik Beli dan selesai.

Sementara untuk beli Astar (ASTR) menggunakan metode yang kedua yaitu Limit Order, langkahnya seperti berikut:

  • Masuk ke aplikasi Ajaib Kripto.
  • Pilih laman Cari dan lanjut ke Aset Kripto yang diinginkan yaitu ASTR.
  • Pilih Limit Order untuk membeli sesuai harga yang diinginkan.
  • Lalu, masukkan jumlah aset kripto yang ingin dibeli dan ubah Harga Beli sesuai keinginan.
  • Pastikan juga pesanan aset kripto yang dibeli sudah benar sebelum klik Beli dan selesai.

Tentunya sangat mudah mendapatkan aset kripto sesuai keinginan kamu di sini. Mengingat, ada banyak pilihan aset kripto yang menawarkan berbagai pilihan Aset Kripto yang menarik.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto di smartphone kamu untuk mulai investasi crypto, sekarang.

Disclaimer: Transaksi Aset Kripto mengandung risiko dan berpotensi menyebabkan kerugian. Informasi yang terkandung dalam tulisan ini merupakan opini yang disiapkan melalui proses riset dan analisis internal perusahaan secara seksama dengan sumber terpercaya dan tidak dipengaruhi dari pihak mana pun. Tulisan ini bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi. Pengambilan keputusan dalam melakukan transaksi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi Pengguna. Kami tidak bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian maupun keuntungan yang timbul dari pengambilan keputusan transaksi.

Artikel Terkait