Seputar Info

Apa Itu CMO? Ini Tugas dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan!

cmo-adalah

CMO adalah istilah yang masih cukup asing didengar, sehingga tak sedikit orang yang mempertanyakan pengertiannya. Jika kamu berniat mendalami bidang bisnis, ada baiknya untuk mengetahui mengenai informasi tersebut. 

Jabatan di perusahaan paling dikenal adalah CEO, tetapi selain itu ada pula jabatan dengan sebutan CMO. Lalu apa itu CMO? Bagi yang penasaran pastikan untuk tidak melewatkan pembahasan pada artikel ini sampai selesai. 

Penjelasan CMO

Apa itu CMO merupakan pertanyaan yang umum diajukan. Istilah CMO sendiri adalah kepanjangan dari Chief Marketing Officer yaitu eksekutif perusahaan. Perannya begitu penting terutama pada bagian pemasaran atau marketing. 

Selain pengertian di atas, beberapa sumber menyebutkan jika CMO hampir sama dengan marketing director. Akan tetapi, pernyataan ini disanggah karena tugas dari jabatan terkait cenderung lebih luas cakupannya. 

Berdasarkan pernyataan Forbes, posisi ini terbilang cukup mengerikan. Mengapa begitu? Alasannya karena tugas dan tanggung jawabnya tidak hanya berkaitan dengan pemasaran saja melainkan juga mengenai pengembangan bisnis. 

Bahkan tidak jarang CMO mengeluarkan inovasi-inovasi besar yang dapat membuat perusahaannya berkembang pesat. 

Tugas dan Wewenang CMO

Setelah mengetahui jawaban dari CMO adalah sebuah jabatan penting, kamu juga perlu mengetahui mengenai tugas dan wewenangnya. Jika penasaran, silakan menyimak pembahasan pada ulasan berikut ini.

1. Berkontribusi dalam Pertumbuhan Perusahaan

Seperti pada pembahasan sebelumnya, tugas dari CMO bukan hanya sebatas mengelola pemasaran saja, tetapi juga bertanggung jawab terhadap pertumbuhan perusahaan. Ide-ide besar diperlukan supaya perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan lain.

Guna mencapai tujuan mengembangkan perusahaan, tidak jarang orang yang menduduki jabatan tersebut mengambil peran lain. Yakni sebagai jembatan antara perusahaannya dengan perusahaan lain.

Kegiatan ini sering dilakukan ketika CMO menghadiri konferensi marketing. Pada saat itulah mereka harus bisa mengambil hati pemimpin dari perusahaan lain supaya dapat menjalin hubungan baik. 

2. Memahami Praktik Marketing Terbaru

Berbicara mengenai dunia pemasaran, bisa dibilang cukup sulit dipahami karena perubahannya terbilang cepat dan sulit ditebak. Oleh karenanya orang yang terlibat dalam hal ini harus mampu beradaptasi dengan cepat. 

Selain memperhatikan penjelasan CMO adalah jabatan penting, bagi yang berminat menekuni bidang pemasaran juga harus menguasai teknik-teknik marketing paling jitu. 

Tujuan utamanya untuk meningkatkan kualitas perusahaan sehingga tidak tertinggal dari perusahaan pesaing. Salah satu jalan yang umumnya diambilnya adalah dengan melakukan berbagai inovasi.  

3. Menganalisis Strategi Perusahaan

Sebagai seorang yang berperan penting dalam kemajuan perusahaan, CMO perlu menganalisis strategi yang digunakan oleh perusahaan apakah sudah tepat atau belum. Apabila belum, tentu perlu dilakukan perbaikan.

Ada beberapa teknik analisa bisnis yang dapat dicoba, misalnya saja SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Menggunakan teknik satu ini, maka dapat menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sebuah perusahaan. 

Mengingat perannya yang sangat penting, wajar jika khalayak mulai mempertanyakan sebenarnya CMO itu apa? Terlebih seseorang yang menduduki jabatan ini mengemban banyak sekali tanggung jawab.

4. Menyesuaikan Strategi dengan Budget

Dalam proses pemasaran, tentu diperlukan dana yang tidak sedikit. Peran CMO di sini kembali dibutuhkan untuk mengawasi pelaksanaan strategi pemasaran yang telah dirancang bersama-sama. 

Mereka bertanggung jawab untuk memantau apakah strategi yang dilaksanakan sesuai budget yang tersedia atau tidak. Dengan begitu akan lebih mudah memperkirakan estimasi biaya pemasaran dari tahap dasar sampai akhir. 

Jika melihat tugas-tugasnya, penjabaran CMO adalah tidak terhenti pada pemasaran saja. Bahkan mereka juga sering harus mengambil keputusan dalam pelaksanaan pemasaran.

5. Menentukan Tujuan dan Pencapaian Pemasaran

Dari sekian banyak tugas dan tanggung jawab, terdapat yang paling berat yakni menentukan tujuan dan pencapaian pemasaran. Penentuan poin tersebut tentunya tidak mudah dan memerlukan pertimbangan matang. 

Sebab apabila salah dalam mengambil keputusan maka risiko yang ditanggung akan langsung berpengaruh pada perusahaan. 

Pada pelaksanaan perannya, CMO diharuskan komunikatif serta mampu bekerja sama dalam tim. Pemasaran sendiri merupakan bidang yang perlu dilaksanakan bersama-sama supaya semakin kuat sehingga ketika muncul masalah bisa mencari jalan keluar dengan cepat dan tepat. 

Peran CMO dalam Perusahaan

Selain mengulas kepanjangan CMO, rasanya kurang lengkap jika tidak mengetahui apa saja peran CMO dalam perusahaan. Bila kamu masih bingung membedakan tanggung jawab dan perannya, perlu memperhatikan ulasan di bawah.

1. Memenangkan Konsumen

Hal yang terlihat mudah, tetapi sebenarnya sangat banyak tantangannya adalah memenangkan konsumen. Perlu strategi pemasaran sesuai dengan target market untuk membangkitkan minat khalayak pada produk suatu perusahaan. 

Selain menarik minat, juga perlu meningkatkan kepercayaan atau awareness khalayak. Manfaat utamanya ketika mungkin saja perusahaan mendapatkan rumor buruk, masih ada banyak pihak yang percaya sampai rela membela. 

Teknik pemasaran seperti ini perlu diterapkan karena mampu membuat perusahaan keluar dari masa krisis dengan mudah. 

2. Katalis Inovasi

Tidak ada kata tetap dalam dunia marketing apalagi di era seperti sekarang. Di samping ketatnya persaingan, perekonomian sedang tidak stabil. Seorang CMO diharuskan menemukan inovasi terbaru yang menjadi jawaban atas masalah tersebut. 

Inilah alasan mengapa syarat menjadi CMO tergolong rumit, sebab memang tugas dan tanggung jawabnya banyak. Pengetahuan luas perihal marketing dan hal terkait dibutuhkan demi menemukan inovasi terbaru. 

Inovasi yang dimaksud erat kaitannya dengan produk. Pengembangan produk yang mulanya biasa saja sampai digemari oleh masyarakat luas memerlukan peran aktif dari CMO beserta jajarannya.

Mengerti terkait apa itu CMO dalam perusahaan menjadi hal penting utamanya jika berminat menekuni bidang tersebut. Berdasarkan tugas pentingnya, kualitas serta skill menjadi poin paling diperhatikan. 

2. Pemegang Kendali Pertumbuhan

Setiap perusahaan tentu ingin bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai visi dan misinya. Hanya saja persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat, mengharuskan pihak-pihak penting terlibat. 

Misalnya saja CMO ditempatkan pada pemegang kendali pertumbuhan. Penyebabnya posisinya berada di pemasaran yang berhubungan dengan konsumen langsung serta para kolega dari perusahaan lain. 

Keberhasilan perannya bisa dilihat dari peningkatan jumlah konsumen. Namun apabila ternyata malah mengalami penurunan, CMO harus berusaha mencari jalan keluar terbaik serta tidak merugikan banyak pihak. 

Itulah pembahasan terkait CMO adalah yang mana sebenarnya akan sangat panjang melihat peran pentingnya pada perusahaan. Bagi kamu yang berminat menekuni bidang terkait, diharuskan menguasai hard skill pendukung dan soft skill.

Tidak perlu bingung, sekarang sudah ada  jenjang pendidikan khusus marketing untuk mempelajarinya. Kamu cukup memilih yang paling sesuai dengan bidang pekerjaan itu.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait