Seputar Info

Marketing Adalah Aktivitas dengan Tujuan Pemasaran, Simak Manfaatnya!

marketing-adalah

Menurut American Marketing Association, marketing adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang memiliki nilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat pada umumnya.

Tidak hanya itu, marketing juga berarti proses pemasaran produk atau jasa, mulai dari pembuatan strategi hingga apa yang dirasakan oleh konsumen.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin ataupun sedang merintis bisnis, memahami marketing itu penting. Dengan memiliki wawasan marketing yang mendalam, kamu lebih bisa menggali potensi bisnis dan mencapai tujuan perusahaan.

Bila tertarik belajar seputar marketing, yuk simak informasi lengkapnya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Apa Itu Marketing?

Marketing adalah upaya untuk memperkenalkan produk berupa barang atau jasa kepada pelanggan. Upaya tersebut dilakukan dengan berbagai aktivitas mulai dari promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk.

Dalam pelaksanaannya, akan ada pertukaran informasi dan penawaran. Sehingga, marketing bukan hanya sekedar iklan dan penjualan. Kegiatan ini mencakup semua yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti:

  • Datang dengan produk dan mendefinisikan fitur dan manfaatnya.
  • Menetapkan harganya.
  • Mengidentifikasi target pasarnya.
  • Membuat pelanggan potensial menyadarinya.
  • Membuat orang membelinya.
  • Memberikannya kepada orang yang membelinya.
  • Mengelola hubungan dengan pelanggan setelah proses penjualan dan pembelian terjadi.

Jenis-Jenis Marketing

Seperti yang sudah dijelaskan, marketing adalah upaya memperkenalkan produk pada calon pelanggan. Agar upaya tersebut dapat tercapai, maka diperlukan strategi yang bisa menjangkau konsumen. Alhasil, muncul beberapa jenis marketing yang saat ini sering dijumpai.

1. Internet Marketing

Merupakan jenis marketing untuk membangun bisnis online. Umumnya, akan memanfaatkan e-commerce dan situs yang bisa diakses oleh konsumen.

2. Pengoptimalan Mesin Pencari

Marketing adalah salah satu aspek kehidupan yang sangat terpengaruh dengan adanya internet dan mesin pencari. Proses pengoptimalan konten situs web agar muncul di hasil teratas halaman mesin pencari seperti Google, kini banyak digunakan sebagai strategi marketing sebuah perusahaan.

3. Blog Marketing

Cara melakukan metode marketing adalah dengan menulis dan menerbitkan blog tentang industri mereka untuk memelihara minat calon pelanggan yang menjelajahi internet untuk mendapatkan informasi

4. Social Media Marketing

Jenis marketing ini menggunakan saluran media sosial seperti Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Instagram untuk menciptakan kesan pada audiens mereka selama periode waktu tertentu.

5. Print Marketing

Bagi sebagian orang, surat kabar dan majalah masih berfungsi dengan baik. Inilah alasan bisnis terus mensponsori fotografi, artikel, dan konten yang serupa dengan apa yang dibaca pelanggan mereka di konten yang mereka terbitkan.

6. Search Engine Marketing

Jenis marketing ini sedikit berbeda dari SEO. Pasalnya, brand dapat membayar mesin pencari untuk menempatkan link mereka di salah satu hasil teratas untuk mendapatkan eksposur yang lebih baik.

7. Video Marketing

Dengan jenis marketing ini, brand akan membuat video yang mengedukasi dan menghibur pelanggan serta meningkatkan hubungan brand tersebut dengan mereka. Alhasil, ada tindakan dari pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan dari video tersebut.

8. Psikologi Marketing

Tidak hanya dengan yang memiliki  bentuk saja, marketing juga bisa dilakukan dengan memengaruhi psikologi calon pembeli, lho.

Psikologi marketing adalah jenis pemasaran yang memanfaatkan psikologi cara konsumen berpikir sampai cara menentukan keputusan pembelian.

Dengan menerapkan psikologi marketing, kamu bisa membuat strategi promosi yang mengarahkan konsumen untuk melakukan yang diminta. Misalnya, mengikuti flash sale, memanfaatkan diskon besar-besaran, dsb.

Cara untuk melakukan marketing ini bisa dengan memanfaatkan media sosial atau e-commerce, dan menerapkan strategi berikut.

  • Price sensitivity: memberikan diskon hanya untuk target pasar tertentu.
  • Urgency scarcity: memberikan urgensi terkait info promosi. Misalnya, count down timer diskon dan keterbatasan jumlah produk.
  • Social proof: menunjukkan pengaruh positif produk. Seperti memasang testimoni, menempel embel-embel ‘best seller.’

9. Guerilla Marketing

Guerilla marketing adalah strategi marketing yang menggunakan elemen kejutan untuk menarik perhatian audiens. Salah satu contohnya, kolaborasi ESQA dengan Barbie untuk menciptakan set make up bertema Barbie secara eksklusif.

Untuk menerapkan guerilla marketing diperlukan pencarian ide kreatif untuk mengenalkan produk. Selain itu, penting untuk kenali audiens agar kesan yang dibangun lebih kuat. Tak hanya itu, kamu juga perlu membuat pesan singkat dan jelas tentang promosi yang dilakukan.

10. Referral Marketing

Referral marketing berasal dari kata dasar ‘rujukan’ atau ‘rekomendasi’. Itu artinya, referral marketing adalah upaya marketing dengan mengajak pelanggan Anda merekomendasikan produk ke calon konsumen lain.

Jika pernah mendengar affiliate marketing, mungkin kelihatannya sama dengan referral marketing. Nyatanya, keduanya sangat berbeda, lho.

Pada referral marketing, imbalannya berupa insentif seperti diskon, cash back, dan semacamnya. Sedangkan affiliate marketing memberikan komisi tertentu.

Manfaat Marketing

Adanya marketing dalam perusahaan memiliki banyak fungsi dan juga manfaat. Pemasaran tidak hanya mampu membuat orang awam memahami produk atau jasa yang ditawarkan, tapi juga meningkatkan penjualan hingga membuat bisnis berkembang.

Umumnya, marketing berguna untuk menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Penjual tentu saja tahu apa saja produk atau jasa yang mereka tawarkan, tapi bagaimana dengan masyarakat luas?

Di sinilah manfaat marketing yang paling utama dibutuhkan. Karena untuk menggunakan sebuah produk atau jasa, masyarakat membutuhkan edukasi.

Melansir Emeritus Organization, pemasaran adalah cara paling efektif untuk menjelaskan sebuah produk atau jasa kepada calon pengguna. Untuk menambah nilai plus, gunakan materi yang menyenangkan dan menarik.

Caranya banyak dan bervariasi. Di antaranya adalah sekadar memberikan ucapan terima kasih karena telah menggunakan produk atau jasamu.

Bisa juga dengan memberikan hadiah untuk pengguna atau konsumen yang setia. Proses ini penting karena mereka akan menjadikan produk atau jasamu sebagai pilihan utama mereka.

Selain itu, marketing adalah cara terbaik untuk membuat nilai produk atau jasa yang ditawarkan tetap tinggi. Di tengah persaingan bisnis, proses tersebut akan menentukan produk atau jasa apa yang akan membuat pembeli bertahan dan membantu untuk berkembang.

Saat ini, marketing adalah sesuatu yang harus diterapkan oleh setiap perusahaan dan organisasi dalam strategi pertumbuhannya.

Kalau bisnis diibaratkan sebagai sebuah peperangan, maka marketing adalah divisi yang memiliki posisi paling depan. Nah, jika garda terdepan mengalami kemunduran, keseluruhan pasukan akan mengalami gangguan. Performa marketing yang buruk berpengaruh pada kinerja perusahaan secara menyeluruh.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait