Seputar Info

Digital Signature, Tanda Tangan Elektronik Kekinian yang Mudah Digunakan

digital-signature

Digital signature merupakan kebutuhan baru di era digital, ini karena  penggunaan dokumen dan pesan elektronik telah menjadi hal yang umum.

Mengutip dari Tech Target, digital signature adalah algoritma matematika yang digunakan untuk memvalidasi keaslian dan integritas dokumen digital, pesan, atau perangkat lunak (software).

Tanda tangan digital hadir dengan tujuan untuk memecahkan masalah gangguan dan peniruan identitas dalam komunikasi digital.

Dengan adanya tanda tangan berbentuk digital ini, sebuah dokumen dapat memberikan bukti asal, identitas, dan status dokumen elektronik, transaksi, atau pesan digital.

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai penggunaan tanda tangan digital ini. Yuk, disimak!

Mengenal Digital Signature

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, digital signature adalah teknik matematika yang digunakan untuk memvalidasi keaslian dan integritas dokumen digital, pesan, atau perangkat lunak.

Ini setara dengan tanda tangan tulisan tangan atau stempel digital, namun menawarkan keamanan yang jauh lebih melekat.

Adanya tanda tangan secara digital ini dimaksudkan untuk memecahkan masalah gangguan dan peniruan identitas dalam komunikasi digital.

Bagaimana Cara Kerja Digital Signature?

Dilansir dari America’s Cyber Defense Agency, tanda tangan digital bekerja dengan membuktikan bahwa pesan atau dokumen digital tidak diubah secara sengaja atau tidak sengaja sejak ditandatangani.

Tanda tangan digital melakukan hal ini dengan menghasilkan hash unik dari pesan atau dokumen dan mengenkripsinya menggunakan kunci pribadi pengirim. Hal ini memastikan bahwa pesan atau dokumen tidak dirusak sejak ditandatangani.

Keuntungan Menggunakan Digital Signature

Digital signature menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan tanda tangan tulisan tangan tradisional, yaitu:

  1. Keamanan: Digital signature dinilai lebih aman dibandingkan tanda tangan tradisional karena didasarkan pada algoritma matematis kompleks yang sulit dipalsukan atau diubah.
  2. Efisiensi: Penggunaan tanda tangan elektronik menyederhanakan proses penandatanganan, penyimpanan, dan pertukaran dokumen fisik yang memakan waktu, memungkinkan bisnis mengakses dan menandatangani dokumen dengan cepat.
  3. Penghematan biaya: Organisasi dapat mengurangi penggunaan kertas dan menghemat uang yang sebelumnya dihabiskan untuk sumber daya fisik, waktu, personel, dan ruang kantor yang digunakan untuk mengelola dan mengangkut dokumen.

Jenis-Jenis Dokumen yang Bisa Menggunakan Digital Signature

Digital signature dapat digunakan untuk menandatangani berbagai macam dokumen, termasuk dokumen elektronik, kontrak, dan dokumen hukum lainnya.

Berikut beberapa contoh dokumen yang dapat ditandatangani menggunakan tanda tangan digital:

  • Kontrak penjualan.
  • Dokumentasi perekrutan baru.
  • Pemrosesan faktur.
  • Order pembelian.
  • Pelaporan biaya.
  • Perjanjian vendor.
  • Kepatuhan internal.
  • NDA.
  • Surat niat.
  • Pesan email.
  • Makro.
  • Dokumen elektronik.

Tanda tangan digital dapat memberikan bukti asal, identitas, dan status dokumen elektronik, transaksi, atau pesan digital. Serta juga dapat digunakan untuk mengakui persetujuan yang diinformasikan.

Di banyak negara, termasuk Amerika Serikat, tanda tangan digital dianggap mengikat secara hukum sama seperti tanda tangan dokumen tulisan tangan tradisional.

Cara Membuat Digital Signature

Ada beberapa cara yang bisa diaplikasikan untuk membuat tanda tangan secara digital. Berikut ini penjelasannya.

1. Menggunakan Online Tools

Ada banyak online tools yang tersedia yang memungkinkan untuk membuat tanda tangan digital dan bisa diakses secara gratis.

Misalnya, Adobe Acrobat Sign dan DocuSign adalah opsi yang populer. Untuk membuat tanda tangan digital menggunakan Adobe Acrobat Sign, ikutilah langkah-langkah berikut:

  • Klik tautan ulasan dan tanda tangan di email.
  • Klik perintah di dokumen.
  • Buat tanda tangan elektronik.
  • Pilih opsi tanda tangan.
  • Tulis tanda tangan.
  • Secara otomatis akan menjadi tanda tangan digital.

2. Gambar dan Scan

Cara lain untuk membuat tanda tangan digital adalah dengan menandatangani nama menggunakan pulpen, mengambil fotonya, lalu memindainya untuk membuat gambar digital.

Selanjutnya, gambar tersebut dapat digunakan untuk menandatangani dokumen digital.

Berikut beberapa langkah membuat tanda tangan digital menggunakan metode ini:

  • Tanda tangani nama di selembar kertas menggunakan pulpen.
  • Ambil foto tanda tangan tersebut.
  • Konversikan foto ke format PNG menggunakan alat konversi online.
  • Seret dan letakkan gambar tanda tangan ke dalam dokumen Word atau file Google.

3. Menggunakan Software

Jika memiliki perangkat lunak seperti Adobe Acrobat atau Microsoft Word, keduanya dapat digunakan untuk membuat tanda tangan digital.

Berikut beberapa langkah menggunakan Adobe Acrobat:

  • Buka email dengan permintaan untuk menandatangani dokumen secara digital.
  • Klik tautannya.
  • Setuju dengan penandatanganan elektronik.
  • Klik setiap bidang untuk menambahkan digital signature.

Perbedaan Digital Signature dan Electronic Signature

Electronic signature dan digital signature sering kali digunakan secara bergantian, namun terdapat beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Berikut perbedaan utama antara tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital:

Electronic Signature:

  • Electronic signature adalah tanda digital yang ditambahkan pada suatu dokumen untuk menunjukkan bahwa para pihak telah menyetujui persyaratan dokumen tersebut.
  • Electronic signature dapat dibubuhkan melalui kotak centang, ketikan nama, atau gambar tanda tangan yang diunggah.
  • Sering kali direpresentasikan menggunakan tanda visual.
  • Electronic signature dapat dianggap lebih mudah, cepat, dan efisien bila dibandingkan dengan menggunakan pena dan kertas, menghemat lebih banyak waktu dan uang dengan menghindari kebutuhan untuk mencetak, menandatangani, memindai, atau mengirimkan dokumen.

Digital Signature:

  • Digital signature adalah metode yang digunakan untuk “menyegel dokumen” dan memberikan bukti integritas dan keaslian dokumen
  • Digital signature adalah jenis tanda tangan elektronik khusus yang dapat digunakan untuk membuktikan kepada penerima bahwa dokumen tersebut ditandatangani oleh orang yang mengklaim.
  • Tanda tangan digital bersifat unik bagi setiap penandatangan, dan penyedia solusi tanda tangan digital mengikuti protokol khusus yang disebut Infrastruktur Kunci Publik.
  • Merupakan perlindungan terhadap gangguan dan pemalsuan ketika mengelola berbagai dokumen hukum.

Nah, itu dia informasi lengkap mengenai digital signature yang kini sudah bisa digunakan dalam berbagai jenis dokumen. Selain menjadi pilihan yang lebih aman, penggunaannya juga menghemat biaya karena tidak perlu melakukan print out dokumen.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait