Investor Pemula

Dompet Crypto Penting Bagi Pengguna, Apa Saja Jenisnya?

Dompet Kripto (crypto wallet)

Ada kebutuhan bagi individu dan organisasi untuk memahami kepemilikan aset kripto (cryptocurrency assets) dan mengetahui berapa banyak yang dimilikinya, seperti rekening bank menyediakan saldo bank. Di sinilah perlunya dompet crypto (crypto wallet) yang menyediakan cara bagi pengguna untuk memvalidasi saldo akun dan memberikan visibilitas tentang berapa banyak aset kripto yang dimiliki pengguna.

Sementara beberapa dompet crypto mungkin hanya memberikan dukungan untuk satu aset kripto, banyak di antara mereka merupakan solusi multi-aset. Solusi ini memungkinkan pengguna untuk memegang beberapa aset kripto, termasuk Bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, dan Litecoin.

Tak hanya itu, solusi tersebut juga memastikan bahwa pemilik crypto dan aset blockchain adalah satu-satunya entitas yang dapat mengakses dana dengan memerlukan kata sandi yang rumit dan langkah-langkah keamanan lainnya. 

Apa itu dompet crypto?

Hal pertama dari dompet kripto yang perlu diketahui adalah bahwa dompet itu tidak seperti dompet di saku belakang celana Anda, yang menyimpan uang tunai dan kartu kredit.

Dompet kripto adalah bentuk penyimpanan digital untuk mengamankan akses ke kripto Anda. Sesuai namanya, dompet cryptocurrency berfungsi untuk menyimpan aset kripto Anda. Ini disebut dompet karena digunakan mirip dengan dompet tempat Anda memasukkan uang tunai dan kartu. 

Alih-alih menyimpan barang-barang fisik ini, crypto wallet menyimpan kata kunci sebagai sandi yang digunakan untuk menandatangani transaksi aset kripto Anda dan menyediakan antarmuka yang memungkinkan Anda mengakses crypto Anda.

Pada kenyataannya, dompet kripto tidak menyimpan mata uang, tetapi bertindak sebagai alat interaksi dengan blockchain, yaitu menghasilkan informasi yang diperlukan untuk menerima dan mengirim uang melalui transaksi blockchain.

Dompet crypto modern membuat blockchain dapat diakses oleh semua orang. Ketika aset kritpo pertama kali diperkenalkan, mengirim crypto adalah tugas manual yang mengharuskan memasukkan kunci panjang. Hari ini, perangkat lunak melakukan sebagian besar untuk Anda.

Jenis-jenis dompet crypto

Ada tiga jenis utama dompet crypto, yakni hardware, software, dan paper wallets. Ketiganya dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai cold atau hot wallets.

Dompet berbasis perangkat lunak (software) lebih mudah diakses dan lebih nyaman, sedangkan dompet perangkat keras (hardware) adalah yang paling aman. Sementara itu, paper wallet dicetak di atas kertas. Namun, sekarang keberadaannya tidak dapat diandalkan alias usang. 

Dompet crypto adalah kombinasi dari alamat publik dan kunci pribadi. Dompet crypto dapat dikategorikan berdasarkan metode dan lokasi penyimpanan di segmen berikut:

1. Cold dan hot wallet

Konektivitas internet mendefinisikan dompet dalam hal ‘panas’ atau ‘dingin’. Hot wallet terhubung ke internet dan karenanya kurang aman.

Hot wallet menimbulkan lebih banyak risiko meski ramah bagi pengguna. Cold wallet, di sisi lain, disimpan secara offline dan tidak memerlukan konektivitas internet. Dengan demikian, cold wallet dapat meningkatkan keamanan dan mengurangi risiko. 

Hot wallet lebih cenderung digunakan untuk transaksi harian. Sebaliknya, cold wallet untuk kepemilikan jangka panjang. Hot wallet dapat diakses dengan cepat. Anda bisa dengan nyaman menggunakannya. Namun, cold wallet tahan terhadap peretasan.

2. Dompet hardware

Dompet hardware adalah perangkat keras yang menangani alamat dan kunci publik secara individual. Ini terlihat seperti USB dengan layar OLED dan tombol samping. 

Dompet hardware adalah perangkat tanpa baterai dan dapat dihubungkan ke PC dan diakses oleh aplikasi desktop.

Dompet hardware lebih aman daripada hot wallet dan lebih ramah pengguna daripada paper wallet. Sayangnya, dompet hardware sulit digunakan oleh pemula ketika investasinya signifikan. Dompet hardware paling populer adalah Ledger Nano S dan Trezor.

3. Paper wallet

Ini adalah dompet formulir berkode QR yang dicetak secara fisik. Beberapa dompet memungkinkan pengunduhan kode untuk menghasilkan alamat baru secara offline. Kelemahan utama paper wallet adalah tidak dapat mengirim sebagian dana. 

Dengan demikian, tidak dapat digunakan kembali. Mereka dulu sangat populer sebelum dompet hardware muncul. 

4. Dompet software

Ini mencakup aplikasi untuk desktop dan perangkat seluler. Dompet ini dipasang di komputer desktop atau laptop dan dapat mengakses crypto, melakukan transaksi, menampilkan saldo dan banyak lagi.

Beberapa dompet software juga menyertakan fungsionalitas tambahan, seperti integrasi pertukaran jika Anda menggunakan dompet yang dirancang oleh pertukaran mata uang kripto.

  • Dompet desktop

Ini adalah paket perangkat lunak yang dapat di-install yang tersedia untuk sistem operasi dan menjadi ‘serius’ seiring waktu. Antivirus diperlukan karena sistem yang terhubung ke internet berpotensi menimbulkan masalah keamanan mendasar.

Dompet desktop mudah digunakan, memberikan privasi, dan anonimitas serta tidak melibatkan pihak ketiga. 

Namun, dalam penggunaannya diperlukan pencadangan komputer secara teratur. Dompet desktop yang populer adalah Exodus, Bitcoin core, dan Electrum.

  • Dompet mobile

Dompet mobile sama seperti dompet desktop yang dibuat untuk smartphone. Dompet mobile nyaman karena menggunakan kode QR untuk transaksi.

Mereka cocok untuk operasi sehari-hari. Namun, ia rentan terhadap infeksi malware. Oleh sebab itu, enkripsi dompet mobile diperlukan. Beberapa dompet mobile adalah Coinomi dan Mycelium.

5. Dompet web

Seperti namanya, dompet ini diakses melalui browser internet. Kata kunci pribadi dapat disimpan di beberapa dompet web. Namun, ia rentan terhadap serangan DDOS. Dompet web dapat di-host atau tidak di-host. Non-host lebih disukai karena dana selalu terkendali.

Namun, dompet web adalah dompet yang paling tidak aman. Dompet jenis ini ideal untuk investasi kecil dan memungkinkan transaksi yang cepat. Beberapa dompet web yang terkenal adalah MetaMask dan Coinbase. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya seputar aset kripto, blockchain, NFT, dan Metaverse, kunjungi halaman blog Ajaib Kripto! Ajaib Kripto menghadirkan layanan investasi cryptoonline yang aman dan terpercaya. Yuk, download aplikasi Ajaib Kripto dengan klik button di bawah ini!

Artikel Terkait