Seputar Info

Inflasi: Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasinya

inflasi-adalah

Inflasi adalah keadaan yang sulit dihindari, tapi bisa ditekan. Situasi ini berkaitan dengan ekonomi, serta bisa memengaruhi stabilitas perekonomian dengan cukup luas di suatu negara.

Itulah mengapa inflasi akan selalu dipantau. Kamu juga perlu mengetahui pengertian inflasi, dampak, dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar bisa bersiap di kemudian hari.

Apa Itu Inflasi?

Inflasi adalah keadaan ketika harga barang dan jasa mengalami kenaikan disebabkan oleh faktor tertentu. Beberapa faktor yang bisa menyebabkannya adalah daya beli masyarakat yang naik.

Sebenarnya inflasi adalah sesuatu yang wajar terjadi apabila keadaan ekonomi masyarakat semakin membaik. Namun, apabila angka melambungnya terlalu tinggi akan membuat ekonomi menjadi tidak stabil dan membuat masyarakat yang tidak mampu kerepotan karena kesulitan memenuhi kebutuhannya.

Itulah mengapa inflasi perlu diawasi dan ditekan ketika menunjukkan angka yang selalu naik dalam kurun waktu yang begitu dekat.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu bahwa sedang terjadi inflasi? Pemerintah memiliki lembaga tersendiri yang memantau inflasi di Indonesia, yaitu Badan Pusat Statistik atau BPS. Lembaga ini akan mengumumkan secara terbuka berapa persentase inflasi yang terjadi di Indonesia secara keseluruhan.

Harus diumumkan karena berpengaruh terhadap hajat hidup orang banyak. Selain itu, sebagai langkah antisipasi pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tertentu yang bisa menekan angka inflasi.

Dampak Inflasi yang Harus Diwaspadai

Inflasi merupakan keadaan yang bisa menimbulkan efek yang luas bagi siapa saja. Ini dia dampak yang mesti diperhatikan.

1.     Membuat daya beli menurun

Karena terjadi kenaikan harga barang dan jasa yang signifikan, hal ini membuat daya beli masyarakat pun menurun, terutama masyarakat menengah ke bawah.

Terutama jika ditambah dengan kenaikan barang dan jasa yang tidak diimbangi dengan kenaikan gaji atau pendapatan. Masyarakat tentu akan berpikir dua kali untuk membeli barang dan jasa yang harganya melambung.

2.     Nilai Rupiah Anjlok

Inflasi jangan diremehkan karena dampaknya yang luas. Salah satu dampaknya yang tidak kalah gawat adalah bisa membuat nilai Rupiah anjlok.

Alasannya karena nilai ekspor yang menurun ketika inflasi yang terjadi terlalu signifikan. Nilai Rupiah yang anjlok tentu akan berefek pada stabilitas perekonomian Indonesia secara luas.

3.     Perusahaan melakukan efisiensi

Ketika inflasi menjadi terlalu tinggi, biasanya akan diimbangi dengan kenaikan gaji untuk para karyawan. Namun, hal ini bisa menjadi beban perusahaan yang tidak mampu menaikkan pemasukannya juga.

Untuk mengurangi dampak yang lebih besar, perusahaan terpaksa merumahkan sejumlah karyawannya. Hal ini dilakukan agar perusahaan tetap bisa berjalan. Sebenarnya mungkin perusahaan tidak menginginkan hal itu terjadi, tapi apa boleh buat karena mereka tidak punya pilihan lain.

4.     Masyarakat jadi enggan menabung

Karena harga yang semakin tinggi, masyarakat jadi enggan menabung. Cara berpikirnya sudah berbeda. Mereka lebih memilih menggunakan uangnya untuk keperluan sehari-hari. Apalagi harga juga sudah semakin naik, menabung hanya akan menjadi kegiatan yang menurut mereka tidak diperlukan.

Inilah yang akan membuat bank akan lebih sepi dari biasanya.

5.     Kredit macet terjadi besar-besaran

Inflasi juga dapat menyebabkan kredit macet di bank-bank secara umum. Seperti yang terjadi di tahun 1998 ketika banyak bank yang mengalami kredit macet akibat dari perusahaan-perusahaan yang gagal membayar pinjaman mereka di waktu yang tepat.

Padahal pemasukan bank kebanyakan berasal dari setoran kredit yang dibayarkan tepat waktu. Akibatnya banyak bank yang nyaris mengalami kebangkrutan dan terpaksa dimerger untuk menyelamatkannya.

6.     Ekspor berkurang

Inflasi dapat berpengaruh terhadap stabilitas perekonomian akibat dari ekspor yang berkurang. Harga yang terlalu mahal membuat banyak perusahaan yang tidak mampu mengeluarkan modal untuk mengirimkan barang ke luar negara.

Padahal ekspor adalah kekuatan suatu negara untuk meningkatkan pendapatan di dalam negerinya.

Cara Mengatasi Inflasi

Mengatasi inflasi yang terlalu tinggi sudah menjadi tugas pemerintah. Untuk itu di bawah ini adalah cara-cara yang dilakukan agar inflasi dapat ditekan menjadi tidak terlalu tinggi.

1.     Menaikkan suku bunga

Inflasi yang naik secara signifikan akan membuat pemerintah turun tangan. Biasanya melalui bank sentral, pemerintah akan menaikkan suku bunga acuan.

Dengan kenaikan ini diharapkan uang yang beredar di masyarakat berkurang. Masyarakat jadi mau menyimpan uangnya di bank untuk menabung atau berinvestasi. Hal ini pun akan membuat persentase inflasi akan berkurang seiring waktu.

Ini adalah jalan keluar yang sering dilakukan di negara mana pun ketika inflasi terjadi. Kebijakannya cukup efektif untuk menekan inflasi. Apabila inflasi masih saja terjadi maka akan dinaikkan terus.

2.     Melakukan operasi pasar terbuka

Tugas ini masih dilakukan oleh bank sentral, dalam hal ini adalah Bank Indonesia. Operasi terbuka yang dimaksud adalah mengeluarkan Sertifikat Bank Indonesia yang bisa dibeli oleh publik yang ingin memperoleh keuntungan dalam jangka pendek.

Lalu, membeli surat berharga di pasar modal untuk membuat produksi emiten yang mengeluarkan surat berharga itu menjadi naik. Ini juga menjadi kebijakan yang cukup sering dilakukan untuk menekan inflasi.

3.     Menentukan persediaan kas minimum

Bank Indonesia juga akan mengeluarkan kebijakan untuk meminta bank-bank di Indonesia memiliki kas dalam jumlah tertentu. Hal ini untuk menekan banyaknya uang yang beredar di masyarakat. Biasanya hal ini terjadi dalam kurun waktu tertentu, sampai harga barang dan jasa dirasa kembali stabil.

Inflasi adalah keadaan yang efeknya bisa ke mana-mana. Memang tidak bisa dihindari, tapi bisa dikontrol agar kenaikannya tidak signifikan. Kamu juga bisa mengatasi inflasi dengan menekan pengeluaran dan mencoba untuk menabung.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait