Seputar Info

Mengenal Akuntabilitas, Fungsi dan Jenisnya

akuntabilitas-adalah

Tentunya kita sering mendengar istilah akuntabilitas diucapkan. Banyak yang mengira akuntabilitas suatu cabang dari akuntansi. Walau terdengar mirip, banyak dari masyarakat yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Sehingga yang dipahami dari akuntabilitas adalah tanggung jawab tanpa diketahui secara detail.

Di sisi lain setiap manusia dituntut untuk memiliki mental akuntabel. Yang artinya manusia harus memiliki sifat bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.

Nah kalau membaca narasi ini maka mengetahui pengertian akuntabilitas tentunya sangat penting. Karena bagaimana kita akan memiliki mental bertanggung jawab kalau istilah akuntabilitas dan akuntabel saja tidak dipahami.

Pengertian Akuntabilitas

Di dalam pengertian etimologi istilah akuntabilitas adalah pertanggungjawaban seseorang terhadap sesuatu. Sesuatu tersebut memiliki kewajiban yang dituntut dari seseorang yang bertanggungjawab atasnya. Hal ini juga setara dengan pengertian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sedangkan di dalam pengertian secara khusus akuntabilitas bermakna pertanggungjawaban seorang karyawan atas pekerjaan yang dibebankan kepadanya di perusahaan. Pastinya pekerjaan tersebut memang merupakan tanggung jawabnya sendiri yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Nah, karyawan yang bisa menunjukkan akuntabilitasnya kepada pimpinan maka berarti dia memiliki sifat akuntabel yang bagus.

Fungsi Akuntabilitas

Akuntabilitas memang harus ada di dalam pengelolaan manajemen perusahaan dan organisasi. Pasalnya tanpa adanya pertanggungjawaban tentu kemajuan perusahaan tidak bisa diteropong dengan baik. Lain daripada itu pihak atasan pun akan kesulitan untuk menentukan langkah ke depan. Di bawah ini ada beberapa fungsi akuntabilitas yang lengkap dan perlu untuk diketahui.

1. Sebagai Alat Monitor Perusahaan

Pimpinan yang mempekerjakan seseorang di perusahaan maka pasti yang dinantikan dari orang tersebut adalah pertanggungjawabannya. Karena dari akuntabilitas tersebut pihak pimpinan perusahaan akan mengetahui kondisi perusahaan di kala itu. Nah kalau perusahaan memang meningkat dengan baik berarti si pekerja atau karyawan memang menyelesaikan tugas dengan baik pula.

Sebaliknya kalau si karyawan tidak memiliki kinerja yang bagus tentunya pemimpin akan melihat perkembangan perusahaan melemah. Sehingga karyawan yang akan ditagih akuntabilitasnya untuk menjelaskan apa yang menjadi kendala sehingga tidak bisa mengerjakan tugas dengan baik.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Kinerja

Dengan adanya akuntabilitas atau pertanggungjawaban maka kinerja karyawan di perusahaan akan semakin efisien dan efektif. Salah satu bentuknya ialah pimpinan bisa memberikan reward kepada karyawan yang berprestasi namun bisa juga memberhentikan karyawan yang kinerjanya buruk.

Kalau tidak ada pertanggungjawaban tentunya pemimpin perusahaan tidak akan mengetahui apakah karyawannya memiliki etos kerja atau tidak. Sehingga pengeluaran gaji setiap bulan menjadi tidak efektif dan hanya sebatas membuang anggaran saja. Hal ini dikarenakan tidak adanya laporan keuangan dan pertanggungjawaban karyawan atas apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

3. Untuk Meminimalisir Terjadinya Pemanfaatan Negatif Jabatan

Tidak dipungkiri ternyata masih banyak karyawan perusahaan yang melakukan tindakan tidak bermoral. Yang salah satu contohnya ialah melakukan tindakan korupsi uang perusahaan. Nah itu artinya si karyawan tersebut telah memanfaatkan jabatannya untuk melakukan pekerjaan yang negatif.

Namun apakah peristiwa tersebut bisa diketahui kalau pimpinan tidak menerapkan akuntabilitas? Tentunya tidak! Karena dengan adanya akuntabilitas atau pertanggungjawaban dalam bentuk laporan maka akan diketahui segala sepak terjang karyawan selama ini di perusahaan. Termasuk akan kelihatan kalau yang bersangkutan telah melakukan tindakan yang tidak pantas.

Jenis-Jenis Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah pertanggungjawaban seorang karyawan terhadap pekerjaan yang telah menjadi tanggung jawabnya di perusahaan. Sedangkan laporan dari akuntabilitas tersebut akan diberikan kepada pimpinan untuk dijadikan barometer langkah berikutnya. Nah sejatinya akuntabilitas semacam ini dibagi menjadi dua.

1. Akuntabilitas Vertikal

Akuntabilitas vertikal adalah pertanggungjawaban yang dibebankan kepada seseorang oleh orang yang dari segi jabatan berada di atasnya. Nah nantinya laporan akuntabilitas akan diberikan kembali kepada si pemberi tanggung jawab untuk dipelajari secara detail. Baru akan lahir pernyataan terkait kualitas dari kinerja karyawan yang dibebankan tanggung jawab.

Pertanggungjawaban karyawan kepada pimpinan perusahaan merupakan contoh dari jenis akuntabilitas vertikal. Karena dari segi jabatan tentunya orang yang memberi tanggung jawab memiliki jabatan yang lebih tinggi daripada orang yang dibebankan tanggung jawab. Itu artinya juga si karyawan harus melaporkan pertanggungjawabannya kepada atasannya tersebut.

2. Akuntabilitas Horizontal

Akuntabilitas horizontal adalah pertanggungjawaban publik. Yang mana antara orang yang diberikan tanggung jawab dengan pemberi tanggung jawab memiliki kesetaraan di dalam menjalankan interaksi sosial. Seperti contohnya akuntabilitas di dalam bidang perniagaan yang mana penjual harus mempertanggungjawabkan barang yang dijualnya kepada masyarakat pelanggan.

Dari contoh ini pelanggan tidak memiliki status jabatan yang lebih tinggi dari penjual. Lantas mengapa harus ada akuntabilitas? Tentunya pihak penjual bersedia mempertanggungjawabkan produknya karena hanya untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan sehingga masih bersedia untuk membeli kembali kepadanya di lain kesempatan.

Kesimpulannya adalah akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban seseorang kepada orang lain demi tujuan-tujuan tertentu. Salah satunya demi untuk melaporkan hasil pekerjaan yang telah dilakukannya. Nah, dari laporan tersebut akan terlihat apakah dia telah akuntabel atau tidak.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait