Seputar Info

Menilik Sejarah FTT Coin, Koin Platform Perdagangan FTX

Menilik Sejarah FTT Coin, Koin Platform Perdagangan FTX

Dalam era digitalisasi ini, koin kripto menjadi sangat populer di kalangan trader, maupun investor. Salah satu koin kripto yang sangat populer adalah FTT coin. Apa yah FTT coin itu, dan bagaimana sejarahnya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Sejarah FTT Coin

FTT Coin merupakan token asli FTX Exchange lho yang merupakan sebuah bursa derivatif dari mata uang kripto yang didirikan oleh Sam Bankman-Fried dan juga Gary Wang pada tahun 2019. 

FTT Coin dibuat untuk memberikan manfaat dan juga insentif bagi pengguna FTX Exchange dan sejak itu menjadi aset populer bagi para trader dan investor mata uang kripto.

Token FTX (FTT) merupakan token utilitas yang menyediakan akses ke fitur dan layanan platform perdagangan FTX dan menciptakan utilitas dalam ekosistem FTX dengan memberi insentif kepada pengguna untuk memegang dan menggunakan token. 

FTX mengklaim bahwa ini berbeda dari token utilitas pertukaran lainnya karena menawarkan fitur yang unik, lho. Misalnya, pencegahan clawback merupakan sesuatu yang sangat penting bagi FTX dan tidak ditemukan di bursa lain.

Untuk kita ketahui, clawbacks adalah ketika seorang investor kehilangan uang karena likuidasi. FTX mencegah hal ini terjadi dengan menggunakan model likuidasi tiga tingkat.

Nah FTT Coin ini diluncurkan pada bulan Juli 2019, lho.

FTT Coin diluncurkan sebagai token ERC-20 pada blockchain Ethereum

FTT Coin memberikan pengguna berbagai manfaat, lho seperti potongan biaya trading, likuiditas yang ditingkatkan, dan juga akses ke fitur khusus.

Coin ini dibuat untuk agar para pedagang menghemat biaya perdagangan. Saat pengguna membayar perdagangan mereka menggunakan FTT, mereka diberi diskon untuk biaya yang dikenakan. 

Semakin banyak FTT Coin yang dipegang pengguna, semakin besar diskon yang mereka terima. 

Penarikan ERC20/ETH harian gratis (hingga 1000 per hari), dan kemungkinan airdrops yang lebih tinggi adalah bonus tambahan yang dapat diterima oleh pemegang FTT, lho.

Manfaat lainnya dari koin FTT adalah bahwa FTT adalah token yang leverage. Hal ini berarti, pemilik koin FTT dapat berdagang dengan leverage hingga 3x.

Pengguna tidak lagi harus berdagang dengan margin yang berarti mereka dapat menghindari pembayaran bunga atas posisi mereka. 

Ini penting karena memungkinkan trader untuk berdagang dengan lebih banyak leverage tanpa membahayakan seluruh akun. 

Token leverage ini kompatibel dengan ERC20 yang artinya dapat disimpan di dompet Ethereum populer seperti MetaMask.

Namun, pada Juni 2020 FTX mengumumkan bahwa mereka akan memindahkan token FTT dari blockchain Ethereum ke blockchain mereka sendiri, yang disebut Serum. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan skalabilitas dan juga kecepatan token FTT, serta memungkinkan fitur baru seperti staking dan governance.

Fitur FTT Coin

FTT Coin memiliki beberapa fitur yang membuatnya menjadi aset berharga bagi trader maupun investor. 

Berikut ini adalah beberapa fitur kunci dari FTT Coin:

1. Potongan Biaya Trading

Pemegang FTT Coin menerima potongan biaya trading saat bertrading di FTX Exchange. 

Jumlah potongan bervariasi berdasarkan jumlah FTT yang dimiliki pengguna, dengan jumlah FTT yang lebih tinggi menghasilkan potongan yang lebih besar.

2. Likuiditas yang Ditingkatkan

Pemegang koin FTT memiliki akses ke likuiditas yang ditingkatkan pada FTX Exchange, lho karena token digunakan untuk memberikan insentif bagi market maker untuk menyediakan likuiditas untuk pasangan trading FTX.

3. Staking

Pemegang koin FTT dapat melakukan staking pada token mereka untuk memperoleh hadiah tambahan. Nah, staking melibatkan menyimpan FTT hlo dalam dompet yang terkunci untuk jangka waktu tertentu, dengan hadiah dibayarkan berdasarkan jumlah FTT yang di-stake dan panjang periode staking.

4. Governance

Pemegang koin FTT memiliki kemampuan untuk berpartisipasi dalam governance FTX Exchange, dengan hak suara pada keputusan penting seperti jadwal biaya dan upgrade platform.

Secara keseluruhan, koin FTT merupakan salah satu koin kripto yang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya. 

Namun, seperti halnya koin kripto lainnya, penggunaan FTT juga memiliki pro dan kontra terkait regulasi dan juga keamanan. 

Oleh karena itu, penting bagi pengguna koin FTT untuk memahami risiko dan juga keuntungan dari penggunaan koin kripto ini.

Dengan tetap memperhatikan regulasi dan keamanan yang tepat, penggunaan koin kripto dapat membawa banyak manfaat bagi pengguna dan pelaku bisnis di masa depan.

Nah, demikian pembahasan mengenai FTT Coin. Menjadi trader maupun investor mata uang kripto sangat mudah lho, kamu dapat mulai berinvestasi hanya melalui aplikasi investasi seperti Ajaib Kripto.

Fiturnya yang lengkap akan mewujudkan keinginan untuk berinvestasi dengan mudah dan juga aman. Tunggu apalagi?

Artikel Terkait