Berita

Negara G7 Akan Membahas Regulasi Aset Kripto pada Bulan Mei

Kelompok Tujuh (G7) negara demokrasi industrial besar akan mempromosikan regulasi yang lebih ketat terhadap sektor cryptocurrency dengan tujuan meningkatkan transparansi bisnis dan perlindungan konsumen, menurut pejabat yang memiliki pengetahuan tentang rencana tersebut. G7 akan mempercepat kecepatan diskusi terkait menuju pertemuan menteri keuangan dan bank sentral pada pertengahan Mei, beberapa hari sebelum Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menjadi tuan rumah KTT tahunan di Hiroshima. 

Rencana tersebut mengikuti keruntuhan bursa cryptocurrency besar FTX pada November yang lalu, yang telah menunjukkan buruknya tata kelola industri ini dan mengirimkan gelombang kejut melalui pasar keuangan. Ini juga terjadi ketika investor diguncang oleh dua kegagalan bank yang tiba-tiba bulan ini di Amerika Serikat. Kedua bank tersebut adalah Silicon Valley Bank, yang mengkhususkan diri dalam menangani startup teknologi, dan Signature Bank, yang melayani klien crypto.

Sementara status hukum aset virtual dan aturan mengenainya bervariasi di setiap negara, G7 berharap untuk memimpin dalam merumuskan standar global. Grup ini berharap untuk menyatakan upaya kolektif mereka dalam sebuah deklarasi para pemimpin.

Internasional, Financial Stability Board yang bermarkas di Swiss merilis serangkaian rekomendasi pada Oktober tahun lalu menuju pembentukan kerangka regulasi, di mana di dalamnya mengatakan bahwa aset crypto juga harus tunduk pada regulasi untuk kegiatan bank komersial. Sedangkan IMF merilis sebuah dokumen kebijakan pada Februari yang menjelaskan elemen-elemen kunci yang harus dipertimbangkan oleh setiap negara dalam pengembangan aturan yang komprehensif dan terkoordinasi mengikuti penyebaran crypto.

Namun, direktur IMF secara umum setuju bahwa aset crypto tidak boleh diberikan status mata uang resmi atau tender legal. Masalah yang terkait dengan aset crypto juga kemungkinan akan dibahas dalam pertemuan mendatang menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari G20 di Washington pada pertengahan April.

Sumber: G7 to push for tighter cryptocurrency regulations dan G7 to collaborate on tighter crypto regulation: Report, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait