Seputar Info

Paklaring Adalah Surat Keterangan Pernah Bekerja, Ini Dia Fungsinya!

paklaring-adalah

Paklaring adalah dokumen atau surat yang menyatakan pengalaman kerja seseorang sebagai bukti pernah bekerja di perusahaan. Isi dari paklaring adalah meliputi jenjang karier mulai dari awal hingga akhir pekerja di perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan paklaring sebagai dokumen untuk melengkapi lamaran pekerjaan calon karyawannya. Sehingga fungsi paklaring ini cukup krusial untuk mendukung pekerjaan selanjutnya yang kamu inginkan.

Jika masih belum memahami seputar paklaring, tak ada salahnya untuk informasi seputar paklaring yang sudah dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Mengenal Surat Paklaring

Bagi yang belum bekerja atau masih asing dengan surat ini, sering kali tidak mengetahui pentingnya kepemilikan surat paklaring yang diberikan perusahaan ketika karyawan memutuskan untuk pindah kerja atau terdampak PHK.

Melansir Badan Pembinaan Hukum Nasional, paklaring adalah surat yang menyatakan seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan dengan posisi tertentu dan jangka waktu tertentu.

Sering kali surat paklaring digunakan sebagai syarat lampiran dokumen ketika seseorang hendak mendaftar atau melamar pekerjaan di perusahaan baru. Bahkan, banyak perusahaan besar hingga startup yang meminta surat paklaring sebagai syarat bagi calon pekerja yang hendak melamar.

Fungsi Surat Paklaring

Paklaring adalah dokumen bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah perusahaan, yang kemudian menjadi bukti kinerjanya. Namun selain itu, ada juga fungsi paklaring lainnya.

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan adalah salah satu Jaminan Hari Tua (JHT) yang perlu dimiliki karyawan. Nah, jika ingin mencairkan dana JHT ini, salah satu syarat yang dibutuhkan adalah menunjukkan dokumen asli surat paklaring dan fotokopi yang dilegalisir.

2. Melamar Pekerjaan Baru

Biasanya, perusahaan baru tempat melamar pekerjaan juga meminta paklaring untuk bukti kerja. Dokumen ini akan diminta untuk disertakan saat mengirimkan CV atau setelah proses wawancara.

3. Mengajukan Beasiswa Jalur Profesional

Surat keterangan bekerja ini juga akan diminta pemberi beasiswa ketika hendak mengajukan beasiswa melalui jalur profesional.

Para pemberi beasiswa, baik pemerintah maupun swasta, akan mensyaratkan surat paklaring bagi kamu yang ingin melanjutkan studi S2. Selain paklaring, syarat lainnya juga akan meminta surat referensi dari atasan langsung.

4. Pengajuan Pinjaman Bank

Bagi karyawan, surat paklaring tak hanya berfungsi untuk dokumen melamar pekerjaan tapi juga syarat pengajuan pinjaman bank. Pengajuan pinjaman bank ini bisa meliputi, kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan rumah (KPR), dan kredit kendaraan bermotor (KKB). Di sini, surat paklaring menjadi jaminan bagi calon debitur tersebut karena terbukti memiliki penghasilan tetap, sehingga diharapkan bisa membayar cicilan pinjaman.

5. Pengajuan Kartu Kredit

Bukan hanya pengajuan pinjaman bank, pengajuan kartu kredit juga akan meminta surat paklaring. Surat paklaring ini berfungsi sebagai penanda calon pemegang kartu kredit sanggup membayar tagihan setiap bulan.

Apa Saja Syarat Membuat Paklaring?

Umumnya, surat paklaring bisa dikeluarkan satu bulan setelah pengajuan resign karyawan. Apabila ingin mendapatkan paklaring untuk kepentingan-kepentingan di atas, di bawah ini persyaratan memperoleh surat paklaring.

1. Mengundurkan Diri Secara Baik-baik

Pengajuan resign karyawan diajukan minimal 30 hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri atau one month notice. Dengan keluar dari kantor secara baik-baik dan sesuai prosedur yang benar, maka HRD akan mempermudah proses mengeluarkan surat paklaring.

2. Minimal Sudah Bekerja Selama Setahun

Karyawan yang bisa mengajukan pembuatan surat paklaring harus bekerja minimal selama satu tahun dan tidak terikat ikatan dinas. Jika belum genap satu tahun, biasanya seorang karyawan dinilai belum matang menjalankan tugasnya. Namun, hal ini berbeda bila karyawan terdampak PHK, ya.

3. Menyelesaikan Seluruh Kewajiban Sebelum Resign

Sebelum mengajukan pengunduran diri, karyawan diharapkan sudah memenuhi semua kewajibannya pada perusahaan. Jangan sampai ada tanggung jawab pekerjaan yang belum diselesaikan ketika resign, karena akan memengaruhi keluarnya surat paklaring.

Contoh Surat Paklaring

Karena masih asing bagi sebagian orang, berikut ini contoh surat paklaring yang biasa dikeluarkan oleh HRD perusahaan untuk mantan karyawannya.

1. Contoh Surat Paklaring pada Instansi Pemerintah

KOP Surat

Surat Pernyataan

Nomor: 1001

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Achmad Fawzi

NIP : 111111

Jabatan *) : Kepala Bagian

Unit Kerja : x

Perangkat Daerah : x

dengan ini menyatakan bahwa Saudara:

Nama : Rika Isnaini

Tempat/Tgl Lahir : Bandung, 12 Juli 1996

Pendidikan/Jurusan : S1 Manajemen

Jabatan : Staff

Unit Kerja : x

Perangkat Daerah : x

1. Sejak diangkat sebagai staf mulai tanggal 23 April 2018 sampai dengan saat ini melaksanakan tugas secara nyata dan sah.

2. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai staf  telah menunjukkan disiplin serta mempunyai integritas yang tinggi.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. Apabila nantinya hari pernyataan ini ternyata tidak benar, saya bersedia bertanggung jawab dan menerima konsekuensinya.

Jakarta,17 Agustus 2021

Yang Membuat Pernyataan

(Achmad Fawzi)

NIP 111111

2. Contoh Surat Paklaring Perusahaan Swasta

PT. Indra Kencana Timur

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

No: 11111

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Dini Arina

Jabatan : Direktur Pemasaran

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Kiki Fauzan

Alamat : Ciledug, Jawa Barat

Telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak tanggal 10 Januari 2019 sampai dengan 15 Januari 2022, dengan jabatan terakhir Staf Pemasaran.

Selama menjadi karyawan kami, Saudara Kiki Fauzan telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses di masa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Terima kasih.

Nah, itu dia informasi seputar surat paklaring yang wajib kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait