Investor Pemula

Mengapa Kita Membutuhkan Aset Kripto (Cryptocurrency)?

Mengapa Kita Membutuhkan Aset Kripto (Cryptocurrency)?

Berbagai inovasi lahir seiring dengan perkembangan teknologi, demikian halnya dalam bidang keuangan. Kemunculan crypto merupakan bentuk inovasi dalam sektor keuangan, lho. Saat ini, crypto menjadi salah satu inovasi yang sangat populer dan dibutuhkan di kalangan masyarakat.

Nah untuk lebih memahami crypto, tujuan utama dan masa depannya, simak pembahasannya dibawah ini!

Apa itu Crypto?

Crypto atau aset kripto secara sederhana dapat didefinisikan sebagai mata uang digital. Mata uang digital muncul seiring dengan perkembangan cashless society atau berkurangnya eksistensi uang dalam bentuk fisik. 

Mata uang digital atau crypto digunakan sebagai alat pembayaran atau alat transaksi pada jaringan internet atau yang lebih dikenal dengan blockchain

Nah, blockchain adalah suatu teknologi yaitu bank data atau  sistem penyimpanan yang terhubung dengan kriptografi secara digital. 

Cryptocurrency berasal dari dua kata lho, yakni cryptography dan juga currency. Cryptography memiliki arti kode rahasia, sedangkan currency memiliki arti mata uang. 

Tujuan Utama Adanya Aset Kripto?

Cryptocurrency telah ada selama lebih dari satu dekade. Crypto memiliki beberapa tujuan yang dapat membantu konsumen menghasilkan uang dan mengakses utilitas tertentu.

Nah, tujuan utama dari adanya aset kripto atau cryptocurrency ini adalah digunakan sebagai alat tukar untuk transaksi-transaksi yang dilakukan secara online. 

Untuk keamanan transaksi mata uang kripto ini seperti jual beli aset maupun transaksi menggunakan cryptocurrency ini dilindungi oleh sadi rahasia atau biasa dikenal dengan kriptografi.

Bisakah Kita Mengandalkan Aset Kripto?

Untuk kita ketahui, transaksi peer-to-peer di seluruh dunia menjadi lebih mudah lho jika dikelola dengan cryptocurrency, namun volatilitas kripto yang tinggi yang menjadi kelemahannya.

Selain itu, mata uang digital masih belum didukung oleh pemerintah. Nilai mata uang kripto sangat bergantung pada permintaan dan juga penawarannya.

Oleh karena itu, jika tidak ada permintaan maka investor akan menarik uang mereka, dan mata uang kripto akan mengalami penurunan. 

Cryptocurrency menawarkan cara baru lho untuk meningkatkan beberapa aktivitas treasury, seperti memfasilitasi transfer uang yang cepat, aman dan meningkatkan pengelolaan modal perusahaan, serta dapat mengelola potensi dan kerugian dalam membuat keputusan investasi digital.

Cryptocurrency juga menawarkan beberapa alternatif yang tidak mungkin dilakukan dengan uang konvensional. 

Kemudahan rekonsiliasi dan transparansi di back office dan juga memungkinkan untuk pembagian pendapatan yang benar dan juga real time. 

Akankah Aset Kripto Menggantikan Uang Fiat?

Dalam mata uang fiat maupun mata uang kripto, tidak ada nilai yang bersifat permanen. 

Untuk mata uang fiat, nilainya adalah produk kepercayaan pengguna dan ditempatkan di bank sentral. Sedangkan untuk cryptocurrency, teknologi blockchain dan konsensus yang divalidasi lah yang menjadi tempat kepercayaan pengguna dibangun. 

Sulit untuk menentukan kapan transaksi yang melibatkan cryptocurrency dan juga aset digital akan menjadi norma dan crypto akan menggantikan uang fiat.

Menjaga keseimbangan antara dua sistem mata uang yang terpusat dan terdesentralisasi menjadi sangat penting untuk keberhasilan pengguna beralih dari mata uang fiat, lho.

Apakah  Aset Kripto Merupakan Investasi yang Bagus?

Dalam berinvestasi, kita mengenal risiko dan juga pengembalian atau return yang diharapkan. 

Aset kripto menjadi pilihan investasi sangat tergantung pada hasil investasi yang kamu harapkan dan juga risiko yang mampu ditanggung. 

Seringkali perilaku yang menggiring untuk berinvestasi secara tidak rasional dalam aset kripto dapat mengakibatkan hilangnya dana investasi yang kamu miliki, lho. 

Perhatikanlah sejarah mata uang digital, tim yang membuatnya, dan juga prospeknya di masa yang akan datang. Hal ini sangat penting untuk kamu yang baru saja mengenal pasar kripto sehingga perlu mempelajari lebih dalam mengenai investasi kripto. 

Apakah Aset Kripto akan Menjadi Uang Masa Depan?

Kenaikan nilai dari cryptocurrency yang sangat cepat mendapat pengawasan dan juga tekanan dari rezim internasional.

Tindakan yang cukup keras terhadap cryptocurrency juga telah diambil oleh otoritas yang mengatur serta organisasi internasional seperti halnya  larangan China terhadap akun terkait crypto dan NFT.

Pemerintah, uang fiat, altcoin, regulator, dan juga uang fiat menjadi saingan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya. Analis memperkirakan pada tahun 2030 nilai industri cryptocurrency global akan meningkat lebih dari tiga kali lipat.

Namun demikian, akuisisi cryptocurrency di masa yang akan datang akan sangat bergantung pada perilaku investasi, adopsi blockchain dan juga sentimen konsumen.

Kripto menjadi salah satu pilihan instrumen investasi untuk mendapatkan passive income. Tingkat pengembalian yang cepat dan hasil yang maksimal menjadi hal yang menarik dari investasi ini, namun kemungkinan dari risiko investasi ini juga cukup tinggi. 

Nah, jika kamu juga ingin berinvestasi pada aset kripto, kemudahan dan juga keamanan investasi kamu akan terjamin dengan Ajaib Kripto. 

Aplikasi investasi kripto yang terpercaya disertai fitur yang mudah bagi kamu yang baru mulai investasi. Tunggu apalagi?

Artikel Terkait