Seputar Info

Tasamuh Adalah Sifat Saling Bertoleransi, Ini Dia Contohnya dalam Kehidupan!

tasamuh-adalah

Tasamuh adalah salah satu sifat terpuji dalam agama Islam yang baik dimiliki oleh seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk membentuk hubungan yang positif dengan orang lain.

Tasamuh berarti toleransi, dan sikap toleransi atau sikap menghargai sesama manusia merupakan sikap yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang.

Kali ini, kita akan membahas seputar tasamuh mulai dari pengertiannya dalam Islam hingga penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk disimak dan dilakukan!

Definisi Tasamuh

Melansir sebuah jurnal berjudul, “Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama” terbitan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, menjelaskan bahwa tasamuh adalah bentuk (mubalaghah) dari “samaha” yang dalam bahasa Indonesia biasa diartikan tenggang rasa atau dalam lebih kita kenal sebagai toleransi.

Dalam bahasa Arab arti tasamuh adalah sama-sama berlaku baik, lembut lembut, dan saling pemaaf.

Sedangkan menurut kamus besar bahasa Indonesia, tasamuh adalah sifat lapang dada, keluasan pikiran, toleransi. Dalam tasamuh terdapat unsur-unsur yang menghormati, menghargai dan simpati. Tasamuh ini sangat penting, apalagi dalam kehidupan masyarakat yang bersifat heterogen atau majemuk, terutama dalam kehidupan beragama.

Dalam al-Qur’an dijelaskan pada surah ke-109, Al Kafirun ayat 1-6:

Artinya:

Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah. Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukku, agamaku.” (QS. Al-Kaafirun [109]:1-6)

Dalam ayat tersebut dapat dipahami bahwa Islam sangat toleran terhadap adanya perbedaan agama. Pada akhir ayat ditegaskan, bagimu agamamu, dan bagiku agamaku.

Apalagi, Islam sangat menghargai jalan berfikir seseorang, sebagaimana ditegaskan pada surah Ali Imran (3) ayat 20:

Artinya:

“Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka Katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku”. dan Katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi[190]: “Apakah kamu (mau) masuk Islam”. jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka seharusnya, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (QS. Ali Imran [3]:20)

Contoh Sifat Tasamuh di Kehidupan Sehari-hari

Setelah memahami tasamuh dari penjelasan sebelumnya, ada baiknya kita juga menerapkan sifat tenggang rasa ini di kehidupan sehari-hari. Berikut contoh sifat tasamuh yang bisa kamu contoh!

1. Menghormati Orang Lain

Contoh pertama dari tasamuh adalah menghormati orang lain, siapa pun dia terlepas dari status, agama, dan perbedaannya dengan kita.

Misalnya, ketika memiliki tetangga atau teman yang beda agama, ini bukan menjadi masalah atau menjadi alasan untuk tidak memiliki hubungan baik dengan mereka.

Biarkan orang lain yang memiliki agama berbeda menjalani keyakinannya sendiri. Sebagaimana dalam Alquran surat Al-Kafirun ayat 6 yang artinya: “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku.”

Dengan demikian, sangat jelas bahwa umat Islam dianjurkan untuk menghormati orang lain atau menyembunyikan sikap toleransi dalam beragama.

2. Ingat Sifat Saling Membutuhkan

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya bantuan atau kehadiran orang lain di sekitarnya. Oleh karena itu, penting untuk ingat bahwa kita memiliki sifat saling membutuhkan.

Jadi, hukumlah baik terhadap sesama. Hargai dan rasa hormat pula setiap orang di sekitar karena kita tidak tahu kapan akan membutuhkan mereka.

Jangan sekali-kali menyakiti orang lain karena bisa menyebabkan permusuhan. Jalinlah hubungan yang baik dan damai dengan siapa saja, meski orang lain berbeda dengan kita.

3. Tidak Membenci karena Adanya Perbedaan

Dalam menghormati atau menghargai orang lain juga berlaku pada semua hal, bukan hanya masalah perbedaan agama. Maka, pahami bahwa semua orang tidaklah sama dan perbedaan adalah hal yang wajar.

Misalnya, adanya perbedaan suku, warna rambut dan kulit, pendapat, pandangan, prinsip dan lainnya. Adanya perbedaan ini merupakan keragaman yang sepatutnya diterima.

Hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Jauhilah ketangguhan buruk, karena ketangguhan buruk adalah ucapan yang paling berdebu. Dan janganlah kalian saling mendiamkan, janganlah suka mencari-cari kesalahan, saling mendengki, saling membela, serta saling benci. Dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang saling bersaudara.” (HR Bukhari).

4. Tidak Memaksakan Kepentingan Pribadi

Manusia diciptakan oleh Allah dengan berbagai kepentingan dan keinginan. Mengubah kita tidak memaksakan kepentingan dan keinginan kita untuk selalu sama dengan orang lain. Kita juga tentu tidak mau dipaksa untuk selalu mengikuti kepentingan dan keinginan orang lain.

Oleh karena itu, agar tidak terjadi benturan antara keinginan dan kepentingan antar sesama manusia, perlu dibangun sifat tasamuh dalam diri setiap individu.

5. Contoh Lainnya

Contoh lain dari sifat tasamuh di kehidupan sehari-hari bisa berupa:

  • Memperbolehkan teman atau orang lain beribadah sesuai dengan agama mereka.
  • Tidak memaksakan orang lain untuk mempertahankan keyakinan.
  • Tidak mengganggu proses ibadah orang lain.
  • Tidak mencela dan melarang agama orang lain.
  • Tidak menjadikan agama orang lain sebagai bahan gurauan.
  • Tidak menjadi provokator ketika agama lain tengah merayakan hari besarnya.
  • Berteman dengan semua orang, tanpa melihat latar belakang agama mereka.
  • Tetap menjaga silaturahmi dengan tetangga, teman, maupun rekan kerja yang berbeda agama.
  • Tetap membantu orang lain yang tengah tertimpa musibah meskipun latar belakang agama mereka berbeda dengan kita.
  • Tidak mengganggu ketenangan ibadah yang dilakukan umat beragama lain.

Itu dia penjelasan mengenai tasamuh yang berarti sifat saling bertoleransi. Mari terapkan dalam kehidupan sehari-hari, agar kita bisa hidup dengan damai berdampingan dengan orang lain.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait