Seputar Info

Contoh Proposal untuk Mengajukan Kerja Sama Bisnis

contoh-proposal

Jika kamu baru pertama kali ingin mengajukan kerja sama atau menggaet investor untuk usahamu, maka kamu bisa simak contoh proposal bisnis berikut ini terlebih dahulu.

Proposal merupakan rangkaian dari rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja. Melalui proposal ini, pihak yang mengajukan akan berusaha meyakinkan pihak terkait untuk menjalin kerja sama.

Dalam pembuatannya, proposal memiliki berbagai bentuk sesuai dengan tujuannya. Mulai dari proposal acara, mencari sponsor, penelitian, bisnis, dan masih banyak lagi.

Karena disesuaikan dengan tujuannya, tentu saja contoh proposal bisnis akan berbeda dengan proposal lainnya.

Definisi Proposal Bisnis

Ketika menjalankan sebuah usaha, ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan. Nah,  salah satunya adalah mencari sebuah sponsor atau mengajak usaha milik orang lain untuk memberikan dana bantuan ataupun menjalankan sebuah kerja sama.

Menjalin kerja sama usaha tidak bisa dilakukan begitu saja, sehingga diperlukan proposal bisnis untuk mengutarakan rangkaian kegiatan bisnis sehingga menarik pihak yang dituju.

Lantas, apa itu proposal bisnis?

Proposal bisnis adalah sebuah permohonan yang dibuat secara tertulis dan memiliki tujuan untuk memberikan sebuah penawaran untuk melakukan usaha bersama dengan pihak sponsor atau investor yang dituju.

Tidak hanya itu saja, kamu  juga bisa memperkenalkan usaha milikmu dan meminta sebuah kesempatan agar usaha tersebut bisa mengikuti berbagai komunitas atau pameran yang ada agar bisa lebih terekspos kepada konsumen.

Adapun proposal bisnis dibagi menjadi dua jenis.

1. Proposal Langsung

Proposal secara langsung dibuat dengan tujuan untuk mengajak vendor lain untuk bergabung bersama bisnis dan saling memberikan kontribusi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Proposal jenis ini umumnya mengharapkan terjadinya balas jasa dan sebuah simbiosis yang saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya.

Contoh proposal ini adalah, pengajuan kolaborasi antara dua brand yang masing-masing bisa menampilkan citranya dalam satu bentuk kerja sama.

2. Proposal Tidak Langsung

Proposal tidak langsung merupakan salah satu istilah marketing yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa dari usaha yang kamu jalankan.

Sebagai contoh proposal tidak langsung adalah, brosur yang secara cuma-cuma dibagikan kepada orang lain. Brosur tersebut memiliki fungsi untuk memperkenalkan usahamu kepada orang tanpa harus mengharapkan balas jasa sama sekali.

Tujuan Proposal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan umum pembuatan proposal adalah untuk meyakinkan pihak terkait. Namun, ada pula beberapa tujuan lainnya.

1. Memperoleh Persetujuan

Bila pembuat proposal membutuhkan persetujuan dari pihak terkait, maka proposal tersebut akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Contohnya, proposal penelitian yang membutuhkan persetujuan dari dosen pembimbing agar bisa berlanjut ke tahap selanjutnya.

2. Penggalangan Dana

Tujuan utama dari penulisan proposal bisa juga untuk menggalang dana. Jadi proposal disusun, lalu diberikan ke sponsor dengan harapan mereka memberikan dana dengan timbal balik tertentu.

Namun, tak hanya untuk kegiatan, proposal sponsor dengan tujuan penggalangan dana juga dapat digunakan untuk mendapatkan beasiswa pendidikan, lho.

3. Memperoleh Dukungan

Mendapatkan dukungan dalam hal ini bisa dalam berbagai macam hal, bukan hanya soal pendanaan saja.

Misalnya, pembuatan dan pengajuan proposal bisa saja terkait dengan perizinan penyelenggaraan kegiatan dan dukungan untuk melanjutkan penelitian ke tahap selanjutnya.

4. Memenangkan Proyek

Proposal juga bisa disusun khusus untuk mendapatkan proyek-proyek tertentu. Umumnya, proyek itu berkaitan dengan pemerintahan. Jadi proposal dibuat, agar pihak ketiga bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa dilakukan langsung oleh pemerintah selaku regulator.

5. Menjalin Kerja Sama

Maksudnya adalah proposal bisa dibuat supaya bisa menghasilkan kerja sama antar bisnis dan pelaku usaha. Jadi, proposal dibuat dengan sedemikian rupa agar visi suatu bisnis tersampaikan dan strategi bisnis bisa dijalankan.

Berbagai Contoh Proposal Bisnis

Berikut ini adalah contoh proposal bisnis yang bisa kamu jadikan referensi, sesuai dengan bentuk usaha milikmu.

1. Contoh Proposal Bisnis Kuliner

Proposal Penawaran Usaha Kuliner Kue Kekinian

Nama Usaha Kuliner: Kue Kekinian

Pemilik Usaha Kuliner: Jonathan Putra

Lokasi Usaha Kuliner: Jl. Pasar Baru No. 14 Bandung Kota, Jawa Barat

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Kue Kekinian merupakan sebuah usaha di bidang kuliner yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Usaha tersebut pertama kali dibuat oleh Jonathan Putra setelah menyelesaikan pendidikannya di Unpad pada tahun 2012.

Kue Kekinian memproduksi aneka kue dengan sentuhan modern yang sangat cocok dengan lidah konsumen di Indonesia, terutama bagi kalangan anak remaja.

1.2 Visi Usaha

Menjadi salah satu kuliner yang sehat dan populer bagi setiap orang.

1.3 Misi Usaha

  • Membuka gerai Kue Kekinian pada banyak tempat agar mudah dijangkau bagi setiap orang.
  • Menawarkan harga yang kompetitif sehingga setiap orang bisa menikmatinya dengan mudah.

Pembahasan

2.1 Profil Makanan

Kue Kekinian menawarkan aneka jajanan dan kue manis dengan harga yang sangat bersaing, yakni mulai dari Rp5.000 per buahnya. Pilihan rasa yang beragam membuat siapa saja menjadi lebih mudah untuk membelinya sesuai dengan selera.

2.2 Strategi

  • Menyasar segmentasi kuliner bagi kalangan remaja dan dewasa.
  • Segmentasi harga bagi kalangan menengah ke atas.
  • Membuka outlet pada tempat yang berada di dekat sekolah atau kampus.

Manajemen Produksi

3.1 Proses Produksi

Kue Kekinian diproduksi dengan cara yang bersih dan halal untuk menjamin makanan dalam kondisi yang higienis dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi.

3.2 Bahan Baku

Kue Kekinian menggunakan bahan baku yang dibuat secara bersih dan memanfaatkan produk-produk lokal untuk memajukan usaha lokal yang ada.

3.3 Peralatan

Peralatan yang digunakan oleh Kue Kekinian selalu terjaga kebersihannya dan secara berkala akan dilakukan pemeriksaan kelayakan guna dari peralatan yang dipakai.

Anggaran

4.1 Modal Usaha

Kue Kekinian mengeluarkan modal usaha sebesar Rp8.000.000 untuk melakukan pembelian mulai dari bahan hingga peralatan yang ada.

Kue Kekinian masih membutuhkan modal sekitar Rp5.000.000 untuk membuka sebuah outlet baru yang terbuat dari tenda sederhana dan dilengkapi dengan meja untuk menjajakan produknya.

4.2 Harga Jual

Produk yang dijual oleh Kue Kekinian akan dijual dengan harga mulai dari Rp5.000 dan di dalamnya akan mendapatkan keuntungan sebesar 50% dari nilai jual produknya.

4.3 Pembagian Keuntungan

Investor akan mendapatkan pembagian keuntungan sebesar 20% dari keuntungan yang didapatkan dalam setiap penjualan Kue Kekinian setiap harinya.

Penutup

Sekian proposal usaha dari Kue Kekinian, semoga kiranya investor berminat untuk bisa memberikan bantuan modal dan akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan Kue Kekinian. Terima kasih atas perhatiannya.

2. Contoh Proposal Bisnis Warung

Proposal Penawaran Kerja Sama Warung Kelontong “Warungnya Saya”

Nama Usaha: Warungnya Saya

Pemilik Usaha Kuliner: Andrian

Lokasi Usaha Kuliner: Jl. Hayam Wuruk, Surabaya, Jawa Timur

Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

Warung kelontong masih menjadi usaha yang cukup menjanjikan di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak orang yang sulit keluar untuk datang ke pasar atau supermarket untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akhirnya banyak orang yang menggantungkan kebutuhan belanjanya ke warung kelontong yang ada di sekitar rumah mereka.

Warung kelontong pun sekarang sudah menyediakan banyak keperluan lain yang bisa dipesan oleh para pelanggan. Bukan hanya barang fisik, bisnis warung kelontong yang dijalankan juga menyediakan produk digital, seperti jualan pulsa & paket data, jualan emas online, hingga agen pembayaran PPOB dari warung kelontong.

1.2 Visi Usaha

• Memberikan pelayanan pemenuhan kebutuhan bahan pokok sehari-hari.

• Memberikan harga terbaik dan terjangkau untuk masyarakat di sekitar lokasi usaha.

• Memudahkan masyarakat untuk transaksi digital dan pembayaran tagihan

1.3 Misi Usaha

• Memberikan layanan terbaik bagi para pembeli.

• Menjadi pilihan dalam pembayaran tagihan bulanan.

• Mendapatkan keuntungan dari operasional bisnis yang dijalankan.

Pembahasan

2.1 Profil Usaha

Warung kelontong ini diberi nama Warungnya Saya dan didirikan pada Desember 2021. Warung kelontong ini menjual berbagai macam produk eceran, mulai dari kebutuhan pokok hingga makanan ringan. Selain itu, Warungnya Saya juga melayani pembayaran tagihan dan pembelian paket data dari masyarakat sekitar.

Berikut profil usaha warung kelontong:

• Nama usaha: Warungnya Saya

• Alamat: Jl. Hayam Wuruk, Surabaya, Jawa Timur

• Nama pemilik: Andrian

• Pendidikan terakhir: S1 Manajemen

• Jumlah karyawan: 4 orang

2.2 Kelebihan

Kelebihan dari bisnis warung kelontong ini adalah penetapan harga yang bersaing. Selain itu, belum banyak warung kelontong yang memiliki layanan digital dalam radius 5 km. Sayangnya, sudah banyak dari masyarakat yang sudah melakukan belanja online. Karena itu, perlu promosi yang lebih baik guna meyakinkan orang supaya berbelanja di warung kelontong terdekat. Penentuan harga pun perlu diperhatikan supaya tidak kalah saing dengan toko online.

Manajemen Produksi

Sebanyak 90% produk yang dijual di warung kelontong ini datang dari supplier. Kami pun bekerja sama dengan mitra untuk melayani pembayaran tagihan dan pengisian pulsa telepon. Namun, ada juga produk yang dibuat sendiri, yaitu makanan ringan dan lauk.

Warungnya Saya menjual berbagai jenis lauk-pauk harian dengan harga terjangkau untuk masyarakat sekitar. Akan ada menu yang berbeda untuk dipilih setiap harinya. Pemesanan pun bisa dilakukan secara pre order (PO) maupun membeli secara langsung.

Penawaran Kerja Sama

Penawaran kerja sama yang bisa diberikan pastinya dari sisi supply barang dan pemasarannya. Pihak warung kelontong berharap pihak supplier bisa memberikan keringanan dalam hal stok barang. Proses stok barang bisa dilakukan tanpa pembayaran di awal sehingga tidak memberatkan warung kelontong.

Supplier pun akan mendapatkan keuntungan dengan potensi penjualan yang tinggi. Nantinya, warung kelontong ini pun akan membantu proses distribusi dari barang ke warung kelontong dan rumah makan terdekat yang menjual barang tersebut.

Penutup

Demikian permohonan pengajuan kerja sama yang bisa dilakukan bersama warung kelontong Warungnya Saya. Semoga kerja sama ini bisa terwujud di masa depan sehingga masing-masing pihak bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan. Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu atas proposal penawaran kerja sama ini.

Itu dia contoh proposal bisnis yang bisa kamu gunakan untuk menggaet investor atau sponsor, hingga menjalin kerjasama dengan brand lainnya. Semoga bermanfaat, ya.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait