Seputar Info

Bingung Perbedaan Pemasaran dan Penjualan? Ini Dia Penjelasannya!

perbedaan-pemasaran-dan-penjualan

Mungkin kamu salah satu yang menganggap jika tidak ada perbedaan pemasaran dan penjualan. Karena kebanyakan orang awam dan pengusaha pemula pasti menilai keduanya sama.

Jika dilihat secara sepintas memang keduanya hampir sama. Sama-sama digunakan untuk meningkatkan penjualan produk. Namun sejatinya detail yang dikerjakan ternyata berbeda. Jadi jangan sampai salah memilih tim apabila sedang membutuhkan tenaga ahli pada kedua bidang tersebut.

Nah, supaya tidak bingung dan salah ketika memilih, ketahui pengertian dan konsep pemasaran dan penjualan. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya.

Pengertian Pemasaran atau Marketing

Untuk dapat mengetahui perbedaan pemasaran dan penjualan, maka kamu harus memahami pengertiannya terlebih dahulu. Prinsip marketing atau biasa disebut pemasaran adalah aktivitas untuk memasarkan sesuatu bisa berupa produk, jasa, maupun properti.

Memasarkan di sini bukan menjual produk secara langsung melainkan memberikan informasi dengan menyusun komunikasi pada konsumen agar mengenal barang yang dijual. Komunikasi tersebut biasanya berupa pemenuhan kebutuhan yang diinginkan pelanggan.

Selain itu, tim pemasaran juga yang menentukan harga, langkah promosi produk, membuat sebuah produk, dan pendistribusian. Oleh karenanya, jika kamu mencari atau ingin melamar sebagai tim pemasaran, maka wajib memiliki pengetahuan yang mencangkup produk, harga, tempat, strategi pemasaran, dan konsumen

Pengertian Penjualan atau Sales

Perbedaan pemasaran dan penjualan yang paling mencolok dapat dilihat dari cara kerjanya. Jika pemasaran umumnya mempunyai tim yang terdiri dari beberapa orang, sementara penjualan biasanya dilakukan oleh tim dengan target secara perorangan.

Meskipun sebenarnya penjualan juga memiliki tim. Hanya saja, untuk praktik di lapangan setiap sales akan melakukannya perorangan dan langsung ke pelanggan. Sebab itulah setiap sales wajib mempunyai skill dalam mempengaruhi konsumen. Karena tugas penjualan adalah menjual barang sesuai yang ditetapkan perusahaan.

Dalam memengaruhi pelanggan, sales harus memahami produk yang dijual. Baik mengenai manfaat serta kandungan barang yang ditawarkan. Jika tidak, maka akan sangat sulit terjadi penjualan karena susah menyampaikan informasi. Terlebih lagi sekarang pelanggan sangat selektif dan pintar.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh tentang Investasi Crypto

Perbedaan Konsep Pemasaran dan Penjualan

Selain dari pengertian, perbedaan pemasaran dan penjualan bisa diamati dari konsep keduanya. Adapun penjelasan lebih lengkap mengenai konsep pemasaran dan penjualan bisa dibaca pada ulasan berikut.

1. Konsep Pemasaran

Pemasaran merupakan strategi gabungan pemasaran yang masuk dalam sistem dan proses manajemen marketing. Bisa dibilang bahwa pemasaran menjadi hal penting dalam sebuah ilmu bisnis dan marketing.

Umumnya konsep pemasaran dimulai dari pembuatan strategi penawaran sebuah produk perusahaan yang mencangkup barang dan harga. Setelah itu, barulah ke promosi yang terdiri dari:

·   Penjualan.

·   Periklanan.

·   Surat secara langsung.

·   Hubungan terhadap masyarakat.

·   Pemasaran secara online.

Seluruh bauran diatas bertujuan untuk menemukan konsumen dan membangun cabang distribusi. Sebelum nantinya dieksekusi oleh tim lain, seperti tim penjualan. Bagian pemasaran dan penjualan bersama-sama mencapai target perusahaan.

2. Konsep Penjualan

Perbedaan pemasaran dan penjualan paling kentara dapat dipelajari dari konsep keduanya terutama pada konsep penjualan. Dari segi fungsi, baik marketing dan sales sangatlah penting dalam sebuah bisnis.

Keberadaan keduanya tidak bisa dipisahkan serta saling bergantung. Di mana proses penjualan akan berjalan dengan lancar karena tim marketing sudah mengenalkan produk pada masyarakat. Begitu pun dengan adanya tim penjualan yakni membantu tim pemasaran mencapai target yang telah ditetapkan.

Namun dalam perhitungan harga jual, tim penjualan akan mengikuti harga pasar dan pastinya di atas harga produksi yang ditetapkan tim pemasaran. Tujuannya untuk memperoleh laba.

Jika kamu masih belum jelas mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan dari konsep di atas, intinya pemasaran akan lebih fokus pada strategi teknis. Seperti memanfaatkan media sosial, SEO, iklan, kerja sama, dan lainnya.

Sedangkan untuk penjualan akan langsung ke strategi lapangan. Makanya dibutuhkan public speaking yang bagus serta product knowledge secara detail.

Aspek Pemasaran

Tidak hanya dari konsep, perbedaan pemasaran dan penjualan pun bisa kamu ketahui melalui aspek yang diterapkan keduanya. Dalam sebuah strategi marketing sebuah bisnis, aspek menjadi hal penting yang diperhatikan.

Pasalnya sebelum melakukan pemasaran, mengidentifikasi masalah yang terjadi pada konsumen harus dilakukan. Sebab kamu perlu memahami siapa target penjualan serta berapa kebutuhan yang diperlukan dalam jangka tertentu.

Jika salah ketika memahami seluruh aspek yang diperlukan, maka tak menutup kemungkinan akan terjadi kesalahan target pemasaran. Di bawah ini berbagai aspek yang penting dipahami.

1. Segmentasi Pasar

Pembagian segmentasi wajib dilakukan menjadi berbagai kelompok untuk memudahkan pemasaran. Biasanya dinilai secara demografi, kelas sosial, penghasilan, dan psikografis. Gunanya agar proses pemasaran berjalan sesuai target yang telah ditentukan serta memperoleh laba tinggi.

2. Analisis Pasar dan Peramalan Permintaan

Selain segmentasi pada pasar, analisis pun tak boleh kamu lewatkan dalam strategi pemasaran karena termasuk krusial. Analisis berguna supaya kegiatan tepat sasaran. Lebih dari itu, kamu akan mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang akan digunakan, jenis produk, serta keadaan pelanggan.

3. Analisis Pesaing

Nah, yang ketiga ini tak kalah pentingnya. Analisis pesaing diperlukan untuk mengetahui posisi produk yang dijual dalam pasar. Karena barang yang diproduksi sama tentunya tujuan tidak berbeda jauh yakni menguasai market.

Dengan analisis, kamu bisa mencari kelemahan dari produk perusahaan saingan, lalu menjadikannya sebagai keunggulan. Sehingga peningkatan penjualan dapat dilakukan secara maksimal.

Baca Juga: Rekber adalah Rekening Bersama, Ini Cara Kerja dan Keamanannya

Aspek Penjualan

Selanjutnya ada aspek penjualan. Pada aspek satu ini, strategi yang diterapkan akan berfokus pada target penjualan. Setiap konsumen memerlukan trik tersendiri ketika melakukan penjualan. Dimana hal tersebut sudah terbagi berdasarkan data yang telah dikumpulkan tim pemasaran seperti umur, ketertarikan, penghasilan, dan lainnya.

Aspek penting penjualan perlu dipahami untuk memudahkan pekerjaan. Aspek tersebut mengenai hal yang harus diingat bahwa proses penjualan memerlukan waktu yang terkadang bisa cepat dan lama. Karena jalannya harus dibangun terlebih dahulu. Mulai dari pengenalan produk, pemahaman, ketertarikan, pertimbangan hingga sampailah pada transaksi.

Penjualan juga bergantung pada banyaknya konsumen yang menjadi pelanggan. Jika banyak, maka tingkat penjualan akan tinggi. Berbeda apabila sebaliknya. Karena itu, teruslah bangun komunikasi untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan pemasaran dan penjualan yang ternyata tak sama. Tugas keduanya dalam sebuah marketing sangat berbeda, tetapi saling bergantung.

Pada bisnis yang besar, kedua tim baik pemasaran maupun penjualan harus ada. Jumlahnya pun biasanya disesuaikan guna pemenuhan target yang diharapkan sebuah perusahaan. Bagi kamu pemula dan mempunyai bisnis kecil, cobalah untuk memakai keduanya guna bisa berkembang lebih cepat.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli BitcoinEthereumBinance Coin, serta coin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan terpercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait