Seputar Info

Apa Itu Search Engine Marketing (SEM) dan Perbedaannya dengan SEO?

search-engine-marketing

Perubahan perilaku konsumen yang lebih memilih berbelanja online juga turut mengubah bagaimana cara bisnis untuk memasarkan produknya, Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu cara pemasaran yang bisa kamu gunakan di bisnis online saat ini.

Pandemi Covid-19 di Indonesia menyebabkan adanya pergeseran perilaku konsumen yang dulunya berbelanja secara langsung di toko, namun kini lebih memilih untuk berbelanja berbagai kebutuhkan lewat internet.

Pergeseran perilaku konsumen ini langsung ditangkap sebagai peluang bagi bisnis di luar sana dengan mengembangkan layanan transaksi digital melalui website ataupun aplikasi.

Fenomena banyaknya sektor bisnis yang beralih ke transaksi digital dan online, hal ini membuat setiap bisnis perlu menerapkan strategi pemasaran online yang efektif.

Di dunia pemasaran online, ada beberapa indikator yang dapat menunjukkan bahwa strategi pemasaran online dapat dikatakan sukses dan berhasil. Misalnya konten-konten yang dibuat punya statistik conversion rate dan user engagement yang tinggi.

Untuk mendapatkan conversion rate dan user engagement yang tinggi, kamu bisa menggunakan strategi pemasaran online melalui Search Engine Marketing (SEM).

Search Engine Marketing (SEM) Adalah

Search Engine Marketing (SEM) adalah salah satu strategi pemasaran online yang populer dan banyak digunakan oleh bisnis di luar sana.

Kelebihan dari penerapan strategi pemasaran satu ini pada bisnis adalah setiap bisnis punya kesempatan untuk bisa bersaing dengan konten-konten lainnya di mesin pencarian.

Sebelum kita membahas lebih lanjut apa itu Search Engine Marketing (SEM) dan strateginya. Kamu perlu tahu terlebih dahulu di mana strategi SEM ini akan diterapkan.

Ada beberapa mesin pencarian yang bisa pengguna gunakan saat melakukan pencarian suatu informasi ataupun produk di internet. Misalnya Google, Yandex, Bing, dll.

Dari mesin pencarian yang sudah redaksi Ajaib sebutkan di atas, Google adalah mesin pencarian paling populer yang paling banyak digunakan oleh pengguna di seluruh dunia.

Google adalah segmentasi pasar terbesar jika kamu mau menggunakan strategi SEM pada bisnismu. Di Google, mesin pencarian satu ini juga menawarkan layanan yang bisa kamu gunakan untuk menerapkan SEM yakni melalui Google Ads.

Dari penjelasan ini kita dapat menyimpulkan bahwa Search Engine Marketing (SEM) efektif jika diterapkan di mesin-mesin pencarian yang punya visitor yang sangat banyak.

Pentingnya Menjalankan SEM

Walaupun tidak murah, Search Engine Marketing (SEM) adalah alternatif terbaik bagi kamu yang mau secara instan mendapatkan banyak traffic di mesin pencarian. Inilah alasan mengapa banyak bisnis yang tertarik menggunakan SEM.

1. Mendapatkan Banyak Traffic

Google adalah situs mesin pencarian terbesar yang ada di dunia, setidaknya ada 400 juta pencarian per hari oleh lebih dari 90,4 % pengguna internet dunia. Ini adalah keunggulan SEM jika Anda terapkan pada situs-situs mesin pencarian yang punya volume pencarian sangat banyak per harinya.

2. Dapat Membidik Target Pasar yang Spesifik

Melalui SEM, setiap bisnis bisa menjangkau banyak audiens di internet melalui kata kunci yang dipasang di Google Ads dan sejenisnya. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menargetkan audiens berdasarkan waktu, lokasi, perangkat, hingga menggunakan bahasa tertentu.

3. Dapat Disesuaikan dengan Budget

Sebagai pemilik bisnis kamu bisa memasang iklan di Google Ads dan sejenisnya sesuai dengan bujet. Karena kamu hanya akan membayar iklan yang tampil di SERP, namun dengan catatan ada pengguna internet yang mengklik situs yang kamu iklankan tersebut.

4. Memberikan Data Relevan dari Target Audiens yang Dibidik

Dengan berlangganan Google Ads dan platform sejenis, selain kamu bisa memasang iklan dengan kata kunci tertentu berdasarkan waktu, lokasi, perangkat, hingga bahasa tertentu.

Kamu juga bisa memperoleh analisa data dari iklan yang kamu jalankan dengan cepat dan mudah dimengerti. Mulai dari data conversion rate hingga user engagement.

Strategi Menjalankan SEM Agar Hasilnya Maksimal

Dalam menjalankan strategi SEM yang efektif, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan antara lain:

1. Lakukan Riset

Punya informasi pelanggan sebanyak mungkin sangat menguntungkan bagi kamu saat menjalankan strategi SEM.

Dalam menentukan keyword yang paling ideal bagi pelanggan. Kamu harus tahu terlebih dahulu siapa pelangganmu, dan apakah ada isu masalah yang sering dihadapi, dan bagaimana cara produkmu bisa menyelesaikan masalah tersebut.

Setelah kamu sudah mendapatkan informasi pelanggan tersebut, kamu bisa melakukan riset keyword untuk memperkirakan apa keyword yang mungkin akan dituliskan oleh pelanggan di mesin pencarian.

2. SEO dan SEM Bisa Dijalankan Bersamaan

Waktu terbaik menjalankan SEM adalah ketika strategi SEO tidak memberikan kinerja yang baik bagi situs. Sambil melakukan optimasi on-page, off-page, dan technical SEO, kamu bisa menggunakan SEM.

Selain menerapkan 2 strategi SEM di atas, kamu juga bisa membantu pertumbuhan traffic website dengan rutin membagikan konten-konten yang dibuat melalui media sosial.

Perbedaan SEM dan SEO

Cara kerja Search Engine Marketing (SEM) sebenarnya mirip dengan SEO. Namun dalam penerapannya SEO itu gratis sedangkan SEM itu berbayar.

Hal inilah yang membuat konten-konten yang kamu terapkan pada SEM lebih cepat untuk bisa menduduki peringkat teratas di mesin pencarian. Bagaimana dengan SEO?

SEO adalah pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan dengan cepat karena memerlukan proses yang cukup panjang untuk bisa memastikan konten-konten yang dibuat menduduki posisi teratas di mesin pencarian.

Karena dalam teknik SEO ada beberapa pekerjaan yang harus dikerjakan oleh seorang SEO Specialist di antaranya; on-page SEO, technical SEO, dan Off-page SEO. Sehingga, strategi pemasaran online SEO butuh proses tergantung dari target keyword yang ingin dibidik dengan mempertimbangkan volume pencarian.

Semakin tinggi volume pencarian dari suatu kata kunci yang ingin dibidik, hal ini berbanding lurus dengan tingkat kesulitan dalam mengoptimasi kata kunci tersebut di website.

Berbicara proses, SEM punya keunggulan lebih cepat tampil di posisi teratas di mesin pencarian karena kamu dibantu dengan sebuah tool yang bisa menampilkan konten-kontenmu di posisi teratas. Namun kekurangannya adalah kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk berlangganan di layanan Google Ads dan sejenisnya.

Oleh karenanya, Search Engine Marketing (SEM) juga dikenal dengan sebutan alat yang membeli traffic di mesin pencarian. Kami bisa menjadikan volume pencarian suatu kata kunci sebagai acuan dalam menerapkan SEM pada website.

Mulai Investasi Aset Kripto di Ajaib Kripto!

Siap memulai perjalanan investasi crypto kamu? Yuk, langsung saja mulai bersama Ajaib Kripto! Cek harga crypto hari ini, dan Jual Beli Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, serta koin lainnya akan jadi lebih mudah, aman, dan tepercaya bersama Ajaib Kripto, aplikasi crypto yang sudah terdaftar dan berizin dari Bappebti.

Yuk, download Ajaib Kripto sekarang!

Artikel Terkait